Tips Menyusui Bayi Kembar

Merries Insight
04 September 2014
Umum
Share
Tips Menyusui Bayi Kembar

Menyusui bayi satu saja kadang Moms mungkin sudah kewalahan. Bagaimana jika dua? Tentu ini bukan hal yang mudah. Sementara kedua bayi tersebut sama – sama memerlukan asupan ASI yang cukup sehingga Moms harus benar – benar mampu membaginya. Berikut ini adalah tips menyusui bayi kembar yang dapat Moms coba. Pilihlah posisi yang paling nyaman untuk Moms dan si kembar.

  1. Satu Bayi di Depan

Letakkan salah satu bayi di depan Moms di atas bantal penyangga dan beri ASI seperti saat Moms menimangnya dengan posisi dada dan perut menyentuh Moms. Sangga bagian kepalanya dengan lengan. Letakkan bayi kedua dengan posisi kepala bersandar perlahan di atas perut bayi yang pertama.

  1. Duduk di Sofa

Duduklah di sofa khusus menyusui yang cukup besar. Letakkan bantal pada kedua sisi pinggang Moms. Posisikan masing – masing bayi di atas bantal dengan posisi kaki bayi di sisi kiri dan kanan pinggang Moms. Sanggalah kedua kepala si kecil dengan tangan. Biarkan masing – masing menghisap satu payudara Moms. Untuk menyangga kepala bayi agar sampai setinggi payudara Moms dapat menggunakan bantal tambahan.

  1. Menggendong Bayi

Gendong kedua bayi dengan posisi dada bayi meempel di dada Moms dan tubuh mereka saling bersilangan satu sama lain.

  1. Menyangga Kepala

Pada posisi ini kedua kepala bayi disangga menggunakan telapak tangan sedangkan tubuh keduanya diselipkan di bawah kedua tangan Moms seperti memegang bola. Jika Moms menyusui bayi pada payudara kiri, maka Moms akan memegangnya dengan tangan kanan dan juga sebaliknya. Letakkan tangan Moms di atas bantal di pangkuan Moms atau di samping. Kemudian arahkan mulut si kecil ke arah puting susu. Biarkan kaki bayi menjulur ke belakang.

  1. Posisi Gabungan

Moms bisa menyusui satu bayi dengan posisi menggendong dan bayi satunya dengan posisi menyangga kepala. Lakukan posisi ini secara bergantian.

Intinya, kunci saat menyusui bayi kembar adalah kenyamanan Moms sehingga tetap rileks. Dalam pemberian ASI untuk bayi kembar, Moms disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yaitu dengan menambah asupan protein, kalori, kalsium dan tambahan mineral.