Tips Mengatur Pola Tidur Si kecil yang Mulai Sekolah

Tips Mengatur Pola Tidur Si kecil yang Mulai Sekolah

Si kecil yang sudah mulai sekolah, mesti bisa bangun pagi agar tidak terlambat datang ke sekolah. Namun, pola tidur yang tidak teratur bisa jadi membuat Si kecil susah bangun dan malas berangkat sekolah. Apalagi bila Si kecil cenderung rewel atau tidak bisa tidur di waktu malam. Bisa jadi Moms pun ikut bangun siang.

Lantas, bagaimana tips mengatur pola tidur si kecil yang mulai sekolah? Yuk simak ulasan berikut!

Membiasakan Konsisten dengan Jam Tidur dan Jam Bangun

Untuk Si kecil yang sudah sekolah, sebaiknya diajak tidur sekitar pukul 8 malam agar bisa bangun pagi sekitar pukul 6 atau mungkin lebih pagi. Upayakan agar waktu tidur dan bangun bisa konsisten. Si kecil yang dibiasakan dengan pola tidur teratur sebenarnya akan lebih mudah tidur malam. Lama-kelamaan jam biologis Si kecil akan mengikuti pola yang dibiasakan secara alami.

Hindari Mendadak Menyuruh Si Kecil Tidur

Jangan menyuruh si kecil tidur tiba-tiba. Sebelum mengajak si kecil tidur, lakukan persiapan. Misal mulai dari mengganti baju piyama, mencuci kaki, menggosok gigi, membacakan cerita, dan berdoa. Si kecil membutuhkan waktu transisi kurang lebih 5-10 menit untuk pergi ke tempat tidur. Bila dilakukan tiba-tiba biasanya si kecil akan menolak, menjadi rewel, dan malah susah tidur.

Buat Suasana Mendukung

Menjelang tidur, buat suasana mendukung. Moms bisa mematikan lampu ruang keluarga, mematikan TV, dan meredupkan lampu kamar. Usahakan tidak ada aktivitas lain yang akan menarik perhatian si kecil dari ritual tidur malam. Selain itu, perhatikan pula kenyamanan Si kecil di tempat tidur. Bila Si kecil takut gelap, ada baiknya bila pencahayaan kamar dibuat redup tetapi jangan terlalu terang. Bersihkan dan rapikan tempat tidur. Buat suasana senyaman mungkin agar Si kecil lekas tertidur.

Bermain Tenang

Bila si kecil menolak tidur pada jam tidur yang sudah dijadwalkan, ajak si kecil beraktivitas di dalam kamar. Pilih aktivitas bermain tenang di dalam kamar. Misalnya mendengarkan cerita, bernyanyi lagu yang tenang, atau lainnya yang sekiranya akan mengundang rasa kantuknya.

Perhatikan Jam Tidur Siang Si Kecil

Bila si kecil kurang tidur siang biasanya memang akan rewel di waktu malam. Namun, usahakan agar waktu tidur siang Si kecil tidak berlebihan. Bila memang dirasa terlalu lama, maka kurangi waktu tidur siang Si kecil dengan membangunkannya.