Tips Mencegah Goodbye Meltdown

Merries Insight
27 Januari 2016
Umum
Share
Tips Mencegah Goodbye Meltdown

Moms, memiliki buah hati yang masih kecil tentu memiliki kesenangan tersendiri. Namun, ada kalanya Moms juga tak bisa melakukan banyak aktivitas lain karena harus menemani si kecil. Ditambah kalau si kecil itu rewel dan juga tidak suka ditinggal pergi Moms. Kemanapun pergi si kecil ikut, kalau tidak begitu si kecil menangis karena tak mau berpisah dengan Moms. Hal ini disebut goodbye meltdown. Sebuah sindrom anak akan menangis atau rewel saat Momsnya pergi.

Moms, goodbye meltdown ini sebenarnya bisa dicegah dengan banyak hal. Moms bisa melakukan segala cara yang bisa membuat si kecil luluh dan tak goodbye meltdown lagi. Yuk Moms langsung saja kita simak uraian berikut agar Moms bisa pergi dan si kecil tetap gembira:

Katakan dengan jujur

Moms, agar anak tak rewel dan menangis, kadang Moms melakukan kebohongan. Namun alangkah baiknya Moms jujur saja. Kalau goodbye meltdown melanda beri alasan dan pengertian yang dapat diterima si kecil. Jangan sampai kebohongan ini menjadi alasan. Akan sangat lebih baik bila Moms jujur. Jujur akan membuat si kecil kelak menjadi pribadi yang jujur pula.

Berikan sesuatu

Agar goodbye meltdown tak terus-terusan melanda si kecil, berilah si kecil sesuatu. Ini menjadi hal yang amat penting. Dengan reward ini diharapkan si kecil juga tak akan terus-terusan selalu bergantung dengan kehadiran Moms. Si kecil juga harus dilatih mandiri agar selalu bisa berada di lingkungan yang baru nantinya. Reward juga bukan hanya benda, bisa sebuah pujian, makanan favorit atau diajak pergi ke suatu tempat.

Berikan pengertian sejak dini

Melatih mental mandiri si kecil juga bisa dengan memberikan pengertian sejak dini. Ini dimaksudkan dengan memberi tahu kesibukan Momsnya. Jelaskan pula akibatnya bila si kecil ini ikut atau Momsnya harus selalu berada di sampingnya. Misalnya Moms dilarang pergi ke kantor dan si kecil tidak mau di rumah bersama nenek atau kakaknya, beri penjelasan kalau Moms bekerja untuk si kecil. Dengan cara yang halus dan lembut tentu si kecil akan mengerti, semakin lama juga akan semakin terbiasa.

Cepat pulang

Setelah semua keperluan atau kepentingan Moms sudah selesai cepat pulang. Dengan hal ini si kecil bisa menyadari kalau Momsnya tak lama-lama jauh darinya. Goodbye meltdown bisa dicegah dengan cara yang sederhana. Kalau Moms ternyata tak bisa cepat pulang, telepon atau video call agar bisa menenangkan hati si kecil.

Jadi Moms, goodbye meltdown bisa dicegah dengan cara-cara diatas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Moms yang memiliki buah hati yang sering rewel. Dengan cara sederhana Moms bisa melakukan apa saja tanpa harus khawatir si kecil menangis.