Tips Cerdas Atasi Si Kecil yang Mulai Tidak Suka Susu

Tips Cerdas Atasi Si Kecil yang Mulai Tidak Suka Susu

Sejak dilahirkan, bayi pada umumnya langsung diberi ASI. Namun ada juga Moms yang kesulitan untuk memberi ASI eksklusif untuk buah hatinya karena air susunya memang hanya keluar sedikit atau bahkan tidak bisa keluar. Hal ini sudah biasa terjadi sehingga banyak orangtua memilih susu formula untuk menggantikan ASI tersebut.

Susu formula tersebut mampu melengkapi nutrisi yang diperlukan oleh si kecil sejak lahir. Tetapi ada juga kejadian di mana si kecil terlalu suka minum ASI sampai besar dan membuat ia ketergantungan dengan ASI dan tidak suka dengan susu formula. Nah jika Moms termasuk salah satu orangtua yang mengalami masalah tersebut atau si kecil mulai tidak suka minum soso, Moms dapat menyimak beberapa tips berikut:

Konsultasi ke Dokter

Sebenarnya untuk membuat si kecil suka dengan susu formula termasuk gampang – gampang susah untuk dilakukan. Oleh sebab itu cara yang paling mudah adalah dengan berkonsultasi ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan rekomendasi susu formula yang aman untuk si kecil. Hal ini karena mungkin saja susu yang diberikan oleh Moms tidak sesuai dengan rasa yang mereka inginkan atau susu tersebut membuat mereka alergi.

Berikan Susu Sedikit Demi Sedikit

Jika si kecil sebelumnya diberi susu dengan menggunakan botol atau dot kemudian Moms ingin menggantinya dengan gelas, hal ini mungkin dapat menjadi penyebab mengapa si kecil menjadi tidak suka susu. Pasalnya, meminum susu langsung dari gelas akan membuat si kecil langsung minum dalam jumlah yang lebih banyak di dalam mulut mereka. Hal ini sangat berbeda dengan botol di mana susu akan keluar ketika si kecil menghisapnya dan jumlah susu yang keluar dari botol pun lebih sedikit dibandingkan minum langsung dari gelas. Oleh sebab itu Moms dapat melatihnya dengan memberikan susu sedikit demi sedikit.

Beri Susu Saat Si Kecil Lapar

Salah satu kiat memberikan susu untuk si kecil adalah memberikan susu tersebut di sela – sela jam makannya atau saat ia merasa lapar agar perut si kecil tidak dalam keadaan yang kenyang.Ketika kenyang, pasti ia akan malas untuk minum susu dan justru membuat mereka eneg.

Mencampur Susu dengan Makanan

Alternatif lainnya yang dapat dicoba adalah mencampurkan susu dengan makanan lain misalnya pudding, cereal, jus buah, atau makanan lainnya. Selalu beri pengertian kepada si kecil bahwa susu yang ia minum sangat enak dan baik untuk kesehatannya.