Tips Cara Bermain dengan Si Buah Hati untuk Perkembangan Motoriknya

Merries Insight
08 Februari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Tips Cara Bermain dengan Si Buah Hati untuk Perkembangan Motoriknya

Anak adalah salah satu anugerah Tuhan yang sangat luar biasa. Kehadirannya sangatlah membuat kehidupan orang tua menjadi lebih indah dan ramai. Maka tak heran kalau dengan adanya si kecil, hari hari kian terasa sangat cepat. Saat Moms baru melahirkan, dengan berjalannya waktu si kecil dengan sangat cepat sudah bisa banyak melakukan gerak.

Perkembangan motorik si kecil yang sudah mulai bisa dikembangkan inilah peran Moms sangatlah besar dalam membantunya. Apa sih perkembangan motorik? Perkembangan motorik adalah perkembangan gerak si kecil yang mulai bisa banyak melakukan aktivitas.

Dalam tahap perkembangan motorik si kecil banyak melakukan aktivitas yang lebih daripada sebelumnya. Tugas Moms adalah membantu dan mengawasi agar aktivitasnya tersebut tak membuatnya terlalu lelah sekaligus aman. Yuk langsung saja kita simak cara bermain untuk perkembangan motorik si kecil :

Latih Berjalan Tanpa Pegangan

Perkembangan motorik si kecil dapat dilatih dengan cara sederhana. Moms bisa melatihnya dengan berjalan tanpa pegangan. Cara ini bisa membuat si kecil bisa cepat berjalan. Ini juga melatih otot dan juga tulangnya agar bisa kuat. Para ahli sangat tidak merekomendasikan alat bantu jalan yang ada roda tiganya. Hal tersebut membuat si kecil tak berani untuk berjalan. Yang penting Moms harus mengawasi si kecil saat berlatih berjalan.

Ajak Kejar-kejaran

Cara bermain selanjutnya agar perkembangan motorik si kecil semakin aktif adalah dengan cara mengajaknya kejar-kejaran. Cara ini adalah untuk membuatnya aktif sekaligus senang. Kalau si kecil senang bermain kejar-kejaran otomatis perkembangan motorik si kecil semakin baik. Cara ini juga tak terlalu memaksa si kecil untuk berlatih jalan. Malah cara ini sangat ampuh membuat si kecil tidak rewel. Asalkan si kecil jangan terlalu capek ya Moms. Kalau si kecil terlalu capek nanti malas untuk berlatih.

Ajak ke Tempat Bermain

Nah untuk perkembangan motorik si kecil bisa juga dengan melatihnya atau mengajaknya ke tempat bermain yang tentunya membuat si kecil sangat senang. Dengan bermain seperti mandi bola, permainan basket mini, dan lain lain bisa membuat perkembangan motorik si kecil dengan mudah dilatih. Cara ini juga tentunya membuat mereka sangat aktif sekaligus senang. Banyak hal bisa dilakukan untuk membuat si kecil bahagia. Perkembangan motorik si kecil merupakan masa-masa yang sangat vital. Moms harus selalu bisa menjadi ibu yang seharusnya bisa mengayomi dan melindungi si kecil agar selalu aktif namun tetap aman. Kadang mereka banyak bergerak atau beraktivitas kadang terjatuh.

Kesimpulannya adalah Moms bisa melatih perkembangan motorik si kecil dengan beragam permainan yang merangsang syaraf motoriknya. Moms harus selalu menjadi ibu terbaik untuk si kecil.