Tips Aman Si Kecil Naik Ojek

Merries Insight
01 Agustus 2016
Kesehatan
Share
Tips Aman Si Kecil Naik Ojek

Di tengah kemacetan di jalanan perkotaan, ojek merupakan salah satu alternatif transfortasi murah, cepat dan diklaim bebas macet. Bahkan tidak jarang banyak orang tua yang menitipkan anaknya kepada abang ojek untuk diantar dan dijemput ke sekolah.

Terlepas dari pro dan kontra alat transportasi tidak resmi tersebut, berikut merupakan aturan main agar si kecil aman dan nyaman ketika pergi ke sekolah menggunakan ojek.

  • Pertimbangkan jarak tempuh sekolah. Usahakan jarak antara rumah dan sekolah si kecil tidak terlalu jauh. Hal ini untuk mencegah si kecil merasa kelelahan selama dalam perjalanan.
  • Pastikan si kecil pergi tidak dalam kondisi mengantuk. Ini bahaya lho, pasalnya banyak kasus anak terjatuh dari motor karena mereka tidak sadar tidur di atas motor.
  • Pastikan si kecil memegang identitas diri. Bukan berarti harus punya KTP lho, tapi Moms harus mencantumkan informasi nama anak, alamat rumah, nama orang tua, nomor telepon orang tua golongan darah anak dan lainnya. Simpan dalam tempat yang mudah dilihat.
  • Ingat, si kecil bukan tameng abang ojek. Untuk itu, pastikan si kecil duduk di belakang, bukan di depan. Kalau bisa, apit si kecil di tengah dengan posisi, abang ojek-si kecil-orang dewasa
  • Kalau si kecil sudah cukup besar, dia boleh pergi sendiri (tanpa harus diantar orang dewasa). Patokannya, kaki si kecil sudah bisa mencapai pijakan kaki sepeda motor.
  • Walaupun sangat jarang di Indonesia, tapi di negara-negara Eropa sudah banyak special seat khusus untuk anak yang dibonceng sepeda motor. Kalau bisa dan ada, cari abang ojek yang punya fasilitas ini.
  • Pastikan si kecil dibonceng oleh ojek yang sudah dikenal (langganan), berpengalaman dan sudah sangat Moms percayai.
  • Demi alasan komunikasi, pastikan Moms memiliki nomor telepon si abang ojek, dan sebaliknya, si abang ojek pun harus punya nomor telepon Moms.
  • Moms bisa menggunakan layanan ojek online, dengan catatan, pastikan anak sudah cukup besar dan siap naik motor sendiri, tahu nama dan nomor kontak pengemudinya dan pastikan layanan ojek online-nya resmi atau sudah terpercaya.
  • Jangan lupa untuk membekali si kecil uang darurat. Pastikan juga si kecil memahami fungsi uang darurat tersebut, dan mampu menjalankan instruksi dengan baik.

Ingat Moms, kalau punya waktu luang, ketimbang menggunakan jasa ojek, lebih baik Moms antar si kecil ke sekolahnya sendiri. Selain untuk merekatkan hubungan anak dan orang tua, cara ini pun efektif untuk menjamin keamanan dan kenyamanan si kecil selama berangkat sekolah.