Tips Agar Si Kecil Aman Bermain di Rumah

Merries Insight
27 Februari 2016
Kesehatan
Share
Tips Agar Si Kecil Aman Bermain di Rumah

Ketika Moms memiliki anak usia batita atau balita sudah pasti akan melihat adanya rasa ingin tahu si kecil makin berkembang. Si kecil akan berusaha untuk mengeksplor benda-benda yang ada disekitarnya sehingga muncul kekhawatiran pula pada Moms tentunya. Mengingat si kecil belum memiliki kemampuan untuk proteksi atas dirinya sendiri dari benda-benda berbahaya di sekitarnya di dalam rumah. Maka Moms yang harus melakukan berbagai tips aman anak bermain di rumah.

Dari hal diatas, perlu bagi Moms menciptakan suasana aman bagi si kecil untuk bermain dalam rumah. Tanpa merasa khawatir dengan kontak bahaya yang memungkinkan si kecil celaka dalam rumahnya sendiri. Jadi diperlukan perhatian Moms yang ekstra ya, Moms sendiri harus cermat dan hati-hati buat kondisi aman dalam rumah untuk si kecil. Sehingga Moms tidak perlu khawatir akan kemungkinan si kecil mengalami kecelakaan akibat benda-benda di sekitarnya.

Berikut ada beberapa tips aman anak bermain di rumah:

Memperhatikan benda bermuatan listrik serta stop kontak yang ada dalam rumah

Ketika bayi Moms sudah mulai merangkak atau bahkan sudah mulai berjalan tentu si kcil akan berusaha menggapai serta menyentuh benda yang dianggap baru. Tips aman anak bermain di rumah adalah menghindarkan barang yang berhubungan dengan listrik. Stop kontak juga termasuk benda yang harus Moms amankan dari si kecil. Sebaiknya beri penutup pada stop kontak sebagai pengaman serta jangan biarkan banyak kabel yang tidak rapi bergelantungan sehingga mudah digapai oleh si kecil.

Berhati-hati dalam memasang perabotan rumah

Meletakkan perabot rumah tangga adalah hal yang harus Moms perhatikan ketika si kecil sudah mulai merangkak dan berjalan. Sebab banyak pula kasus yang terjadi si kecil tertimpa akibat perabot rumah tangga yang ditata kurang rapi dan berat. Seperti rak buku dan sepatu maka sebaiknya pastikan meletakkan barang yang lebih berat dibagian bawah sehingga menjadi tumpuan rak agar tidak mudah dirobohkan saat si kecil meraihnya. Selain itu, pastikan perabot yang memiliki ujung lancip segera dilapisi agar tidak membahayakan si kecil. Selain tips aman anak bermain di rumah tersebut, pengawasan dari Moms adalah yang paling penting.

Berhati-hati pada bahaya api

Bahaya sehubungan dengan api ini juga harus menjadi perhatian Moms. Jauhkan si kecil dari bahan yang menjadi sumber api seperti kompor. Hal ini sebagai langkah mengantisipasi agar si kecil terhindar dari bahaya. Jika Moms memasak maka sebaiknya si kecil bermain dalam pengawasan orang lain mungkin ayah, kakek nenek atau saudara yang ada di rumah Moms.

Memeriksa bagian jendela dan tirai

Tips aman anak bermain di rumah berikutnya adalah Moms harus perhatikan keadaan jendela dan tirai rumah. Terkadang si kecil suka bermain dengan tali pengikat tirai dengan cara dililitkan pada tubuh atau leher. Jadi, sebaiknya Moms menggulung tali pengikat tersebut serapih mungkin untuk mencegah si kecil bermain hal tersebut. Selain itu, pastikan keadaan jendela pada ruangan lantai atas tertutup rapat agar si kecil tidak dapat membukanya.

Berbagai tips aman anak bermain di rumah diatas memang harus Moms lakukan, namun yang paling penting adalah pengawasan Moms sebagai orang tua di setiap gerak si kecil yang sudah mulai merangkak dan berjalan.