Tips Agar Dads Pintar Mendongeng untuk Si Kecil

Merries Insight
23 April 2016
Kesehatan
Share
Tips Agar Dads Pintar Mendongeng untuk Si Kecil

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Hardvard pada tahun 2015, ditemukan bahwa anak-anak yang mendapatkan cerita pengantar tidur dari ayahnya setiap malam mempunyai kemampuan berbahasa yang lebih baik dibandingkan yang hanya dibacakan cerita oleh ibu. Untuk menjadi seorang pendongeng yang menarik untuk si kecil, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diperhatikan oleh Dads.

Pastikan Dongeng Menarik Perhatian Si Kecil

Si kecil biasanya menyukai cerita tentang petualangan menemukan sesuatu yang menakjubkan, putri di sebuah kerajaan, dan binatang. Dads dapat lebih dulu mempelajari dongeng yang hendak disampaikan kemudian menambahkan sesuai dengan imajinasi Dads supaya ceritanya semakin menarik dan hidup. Dads juga dapat berlatih memainkan nada suara sesuai dengan isi dongeng supaya lebih seru.

Menciptakan Suasana yang Menyenangkan dan Nyaman

Duduklah bersama dengan si kecil di sofa yang empuk atau di tempat tidur. Pastikan Dads sudah benar-benar tidak diganggu oleh pekerjaan dan dalam keadaan bersih. Dengan demikian, Dads dapat membacakan dongeng dengan santai dan penuh penghayatan.

Gunakan Alat Bantu

Baca Juga

Tips Pintar Agar Perintah Dads Dipatuhi Oleh Si Kecil

Tempura Brokoli, Resep Pintar Agar Anak Suka Makan Sayur

Cara Pintar Memilih Lotion Anti Nyamuk Si Kecil

Beberapa alat bantu yang dapat Dads gunakan antara lain adalah boneka jari, buku dongeng, topeng, dan mainan si kecil misalnya boneka atau mobil-mobilan. Melalui buku, Dads dapat menunjukkan gambar dari setiap rangkaian cerita dongeng yang disampaikan. Biarkan saja si kecil menunjuk setiap gambar yang ada di dalam buku. Sedangkan Dads dapat menghidupkan tokoh dalam cerita dengan menggunakan topeng dan boneka jari sehingga menjadi lebih lucu. Mainan si kecil juga akan membantu menambah keseruan cerita.

Lakukan Kegiatan Mendongeng Secara Rutin

Dads sebaiknya selalu pulang tepat waktu atau tidak larut malam sehingga nantinya dapat memberikan dongeng sebelum waktu tidur si kecil. Ketika ada satu malam di mana Dads tidak dapat memberikan dongeng pengantar tidur untuknya, Dads dapat mengganti momen tersebut pada saat waktu luang di akhir pekan melalui kegiatan menarik lainnya yang dapat dilakukan oleh Dads dan si kecil.

Menemukan Banyak Referensi Cerita Dongeng

Dads dapat mencari banyak referensi cerita dongeng yang menarik untuk si kecil baik itu dari internet, buku – buku yang ada di perpustakaan, para ayah yang gemar mendongeng, atau bahkan toko buku. Ketika Dads menemukan buku cerita yang menarik, Dads dapat menghadiahkan buku tersebut untuk si kecil dan menawarkan diri untuk membacakan cerita di dalamnya. Bahkan Dads juga dapat mengajak si kecil turut serta ke perpustakaan dan mengijinkannya memilih sendiri buku dongeng mana yang mau diceritakan.

Baca Juga

Tips Pintar Agar Perintah Dads Dipatuhi Oleh Si Kecil

Moms, benarkah saat hamil wajib konsumsi minyak ikan agar Si Kecil lahir pintar?

Tips Pintar untuk Rumah Aman Bagi Balita yang Aktif