Tingkatkan Hubungan dengan Si Kecil Bisa dengan Membaca Buku Bersama Lho Dads

Merries Insight
04 Mei 2016
Umum
Share
Tingkatkan Hubungan dengan Si Kecil Bisa dengan Membaca Buku Bersama Lho Dads

Dads, sebagai seorang ayah yang seharian sibuk mencari nafkah, quality time bersama dengan keluarga merupakan salah satu hal yang sulit untuk didapatkan. Walaupun begitu, bukan berarti ini nggak mungkin lho! Asal ada kemauan, waktu berharga bersama keluarga ini bisa anda wujudkan sendiri.

Terus bagaimana caranya?

Sangat gampang. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan quality time bersama dengan keluarga. Selain menyediakan waktu untuk berlibur dan jalan-jalan di akhir pekan, anda pun bisa menyempatkan diri untuk membaca buku bersama menjelang tidur.

Seperti dilansir dalam newparent, membaca buku tidak hanya efektif untuk menambah pengetahuan, tapi efektif juga untuk meningkatkan waktu kebersamaan anda bersama dengan keluarga. Pasalnya, ketika membaca, ada beberapa kegiatan positif yang bisa dilakukan secara bersama-sama.

Contohnya saja diskusi. Setelah selesai membaca buku, anda bisa bertanya kepada si kecil mengenai isi dari buku tersebut. Biarkan si kecil memaparkan isi buku yang dibacanya, tentu saja versi dia sendiri. Setelah itu, baru anda bisa menambahkan nila-nilai dan pesan moral didalamnya.

Selain berdiskusi, membaca buku bersama pun bisa menjadi ajang untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan belajar si kecil, tanpa harus terlihat sedang menginterogerasi. Bonusnya, cara ini pun berguna untuk mengorek keterangan si kecil mengenai apa saja yang terjadi selama di sekolah.

Meningkatkan Minat Baca

Kita tahu jika membaca merupakan salah satu cara untuk menggali isi kandungan dunia. Dengan kata lain, segala ilmu pengetahuan ada dalam buku. Sehingga, semakin banyak si kecil membaca, maka semakin banyak pula wawasan dan pengetahuannya.

Untuk itu, dengan cara membuat agenda membaca buku bersama sebelum tidur, si kecil akan menjelma menjadi anak yang mencintai buku, walaupun memang awal motivasi si kecil karena ingin menikmati sedikit waktu bersama ayahnya.

Jika sudah terlihat si kecil ketagihan dan minat bacanya semakin tinggi, anda bisa memberikan sedikit bonus dengan mengajaknya untuk jalan-jalan ke perpustakaan umum, atau pergi ke toko buku.

Dengan melihat deretan buku, si kecil akan menyadari jika ilmunya masih sangat sedikit, dan dia pun akan semakin terpacu untuk membaca lebih banyak buku. Bukankah ini cara cerdas untuk menikmati waktu bersama, sambil memberikan pendidikan kepada si kecil?