Tetap Kontraksi Padahal Bayi Sudah Lahir? Kenapa?

Merries Insight
24 November 2015
Umum
Share
Tetap Kontraksi Padahal Bayi Sudah Lahir? Kenapa?

Kebahagiaan menyambut hadirnya bayi baru lahir memang luar biasa ya Moms, senyum kebahagiaan terpancar di wajah seluruh anggota keluarga, bahkan tidak jarang banyak Ibu baru yang menyatakan, rasa sakit persalinan, seakan sirna begitu saja ketika melihat wajah si kecil.

Rasanya bahagia sekali ya Moms! Eits, tapi jangan terlalu berduka cita dulu, masih ada beberapa tantangan yang harus Moms hadapi, dari mulai membesarkan anak, menyusui, dan tentu saja ada beberapa gangguan yang kerap dialami anda alami pasca persalinan. Salah satunya adalah kontraksi pasca persalinan.

Memang ada kontraksi pasca persalinan?

Ada dong. Jangan kira setelah persalinan Moms tidak akan merasakan kontraksi lagi. jangan khawatir, ini bukan kontraksi sebagai tanda akan melahirkan kembali kok, apalagi sampai menyangka ada bayi yang masih tertinggal di perut. Kontraksi persalinan ini merupakan hal normal, dan biasa dialami banyak wanita.

Sekitar seminggu pasca persalinan, di saat-saat tertentu perut Moms akan terasa mulas. Rasanya mulasnya mungkin hampir sama dengan ketika menjelang persalinan. Agan khawatir, ini pertanda baik, karena kontraksi pasca melahirkan merupakan tanda penyusutan atau pemulihan kembali rahim ke kondisi semula.

Setelah berbulan-bulan bekerja keras sebagai tepat tinggal sementara si kecil, pembuluh darah di rahim pun akan sedikit demi sedikit menyusut, hal ini merupakan proses alami untuk mencegah terjadinya perdarahan.

Umumnya, rasa sakit atau kontraksi pasca persalinan ini akan terasa ketika anda menyusui bayi. Proses isapan di payudara oleh si kecil ini secara alamiah akan merangsang rahim untuk berkontraksi. Inilah salah satu alasan kenapa anda disarankan untuk langsung memberikan ASI setelah persalinan.

Tidak hanya memberi nutrisi kepada si kecil, untuk mempererat ikatan ibu dan anak, tapi menyusui pasca persalinan ini pun bertujuan untuk membantu proses pemulihan rahim dengan adanya rasa mulas atau kontraksi pasca persalinan.

Kesimpulannya, perut yang terasa mulas atau kontraksi rahim pasca persalinan merupakan hal yang tidak bisa dihindari, sama seperti kontraksi yang dialami sebelum persalinan. Hal ini merupakan proses alami untuk mengembalikan rahim ke kondisi sebelum anda melahirkan.

Kalau anda merasa tidak kuat dengan rasa mulas yang ditimbulkan, anda bisa menghubungi dokter untuk meminta beberapa jenis obat yang berfungsi sebagai penawar rasa sakit. Biasanya dokter akan memberikan obat seperti golongan asam mefenamat atau parasetamol. Tentu saja ini harus sesuai dengan anjuran dokter ya Moms!