Ternyata Si Kecil Mudah Cemburu Lho Moms

Merries Insight
26 Februari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Ternyata Si Kecil Mudah Cemburu Lho Moms

Rasa cemburu memang bukan suatu hal yang baik. Akan tetapi hal ini sering hadir dalam diri setiap orang. Perasaan cemburu bukannya datang tiba-tiba Moms, semua pasti ada alasan yang mendasari. Namun tahukah Moms, bahwa si kecil juga mengalami cemburu? Bahkan si kecil mudah sekali untuk cemburu Moms. Perlu Moms tahu penyebab si kecil cemburu sebenarnya adalah ketika muncul rasa kehilangan atas kebutuhannya. Kebutuhan paling utama si kecil adalah perhatian, kasih sayang serta cinta dari orang terdekatnya seperti Moms dan Dads.

Sudah seharusnya Moms memperhatikan si kecil dan memberikan waktu khusus bersama si kecil. Tunjukkan pada si kecil bahwa Moms dan seluruh anggota keluarga lainnya menyayanginya dalam bentuk sikap dan tindakan sehari-hari, bukan sekadar ucapan. Untuk mengantisipasi kecemburuannya ini maka sebaiknya Moms tahu penyebab si kecil cemburu itu apa. Karena si kecil mudah sekali cemburu dengan beberapa hal yang terurai berikut ini: Membandingkan si kecil

Moms perlu ketahui, penyebab si kecil cemburu bisa jadi karena ia dibandingkan dengan orang lain khususnya dengan saudara kandungnya. Mungkin Moms tidak menyadari hal ini, akan tetapi dengan membandingkan hanya akan membuat tumbuh kembang si kecil tidak baik. Terjadi persaingan tidak sehat antar saudara kandung akibat perasaan cemburu yang timbul.

Jadi Moms, sebaiknya hindari penyebab si kecil cemburu ini dengan tidak membandingkan anak-anak. Sebab masing-masing anak mempunyai karakter serta kelebihan masing-masing. Sehingga sudah menjdai tugas Moms mendidik dan mengasihi mereka tanpa melakukan perbandingan. Adanya adik baru

Penyebab si kecil cemburu yang paling umum terjadi adalah saat ada kehadiran adik baru. Si kecil akan merasa hadirnya adik baru akan membuat perhatian dan kasih sayang Moms dan Dads serta anggota keluarga lain berpindah pada adik. Keadaan seperti ini sudah seharusnya Moms pahami betul. Maka hendaknya Moms sudah mengajak si kecil berinteraksi dengan adik bayi dalam kandungan. Biarkan si kecil mencium, turut serta dalam merawat adik bayi, bermain dengan adik bayi tetap dengan pengawasan Moms.

Buat si kecil memiliki rasa sayang dan perhatian pada adik bayinya sehingga tidak merasa bahwa adik barunya itu sebagai saingan. Selain itu, Moms juga tetap sempatkan waktu bersama si kecil untuk melakukan kebiasaan bersama kakak. Sehingga penyebab si kecil cemburu karena adanya adik baru ini semakin pupus bahkan hilang.

Baca Juga

Moms, Bermain Perosotan Sambil Memangku Si Kecil Ternyata Berbahaya Lho!

Moms, Ternyata Pijatan Membantu Si Kecil Tidur Lebih Nyenyak Lho!

Hati-Hati, Ternyata Balita Juga Bisa Kena Maag Lho Moms

Teman yang memiliki mainan baru

Penyebab si kecil cemburu yang lain adalah karena mainan yang dimiliki oleh teman seusianya. Namun, bukan berarti Moms langsung membelikan mainan seperti yang dimiliki temannya tersebut hanya untuk menghilangkan rasa cemburu si kecil. Moms perlu mempertimbangkan masalah kegunaan serta harga dari mainan tersebut ya Moms. Lebih baik Moms jelaskan dengan jujur pada si kecil dengan bahasa yang mereka mengerti.

Moms, kecemburuan yang berlebihan pada anak akan berakibat pada tindakan agresif si kecil. Tindakan agresif si kecil tidak hanya sebatas menangis atau berteriak. Akan tetapi bisa memukul, menendang bahkan menjambak. Sehingga Moms harus peka terhadap sikap cemburu si kecil kemudian mencari tahu penyebab si kecil cemburu dan segera memberikan apa yang dia butuhkan.