Temukan Bakat Anak Dari Kegemarannya

Temukan Bakat Anak Dari Kegemarannya

Moms, anak terlahir dengan bakat alaminya. Sebagai orang tua, Moms diwajibkan untuk bisa mengasah bakat si kecil ini, untuk kemudian mengarahkannya supaya bakatnya maksimal. contohnya, kalau anak punya bakat bernyanyi, maka jangan ragu untuk memasukan anak ke tempat kursus bernyanyi.

Tapi masalahnya, banyak orang tua yang tidak tahu bakat seperti apa yang dimiliki oleh anaknya. Di sisi lain, si kecil pun tidak mungkin memberi tahu Moms tentang bakat yang dimilikinya. Untuk itu, perhatian dan pengamatan perilaku anak bisa memperlihatkan bakat apa yang dimiliki oleh si kecil.

Melihat bakat anak dari kegemarannya

Psikolog Katarina Ira Puspita MPsi, memberikan tips kepada Moms untuk melihat bakat si kecil dengan cara yang paling mudah, yakni lewat kegemarannya. Contoh sederhana, ketika Moms mengajarkan anak bernyanyi, dan si kecil mampu menguasai nada-nada yang ada berikan dengan baik, maka si anak memiliki bakat bernyanyi yang baik.

Untuk menyalurkan bakatnya ini, ajari si kecil untuk terus bernyanyi di rumah. Mulai dengan lagu-lagu sederhana (Contoh lagu: topi saya bundar), kemudian untuk memantapkannya, sedikit demi sedikit Moms bisa meningkatkan kemampuan si kecil dengan mengajarkan lagu-lagu yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi (Contoh lagu : Paman Datang, atau Abang Tukang Bakso).

Ketika si kecil sudah menunjukkan minatnya yang cukup serius kepada dunia tarik suara, berikan dia fasilitas untuk meningkatkan kemampuannya dengan memasukan si kecil ke tempat kursus bernyanyi. Selain itu, dampingi terus si kecil dan dukung keinginannya ini. Dengan begitu, si kecil akan lebih semangat lagi untuk terus memupuk kemampuannya.

Jangan ragu untuk terus memotivasinya. Kalau memang dibutuhkan, berikan pujian atas pencapaian yang telah berhasil dia dapatkan. Kalau memang ada kesempatan, sertakan juga si kecil untuk mengikuti kontes kejuaraan menyanyi, hal ini diperlukan untuk melihat seberapa jauh bakat yang dimilikinya, sekaligus melatih mental si kecil untuk tidak malu tampil di depan umum.

Pola perlakuan sama juga berlaku untuk bakat lainnya, dari mulai bakat olahraga, menguasai alat musik atau bakat lainnya. Bagaimana Moms, sudah tahu bakat apa yang dimiliki oleh si kecil?