Tanda-Tanda Kelahiran Prematur

Merries Insight
23 September 2014
Kesehatan
Share
Tanda-Tanda Kelahiran Prematur

Persalinan normal terjadi ketika usia kandungan telah mencapai 38 minggu, semakin dekat dengan waktu persalinan, frekuensi kontraksinya akan semakin tinggi. Tanda lainnya menjelang masa persalinan adalah pecahnya air ketuban dari jalan lahir. Akan tetapi tak sedikit juga ibu hamil yang menjalani persalinan sebelum waktunya. Ini yang disebut dengan istilah kelahiran prematur. Tanda-tanda kelahiran prematur tidaklah sama dengan tanda-tanda persalinan normal. Adapun tanda-tanda kelahiran prematur antara lain:

  • Moms mengalami kram atau kontraksi lebih dari 5 kali dalam waktu kurang lebih 1 jam
  • Keluarnya darah dari jalan lahir
  • Moms memperlihatkan tanda-tanda preklamsia seperti tangan dan kaki serta wajah yang membengkak
  • Moms merasakan nyeri saat buang air kecil. Nyeri saat berkemih ini bisa jadi menunjukan gejala infeksi saluran kemih atau infeksi kandung kemih. Bahkan mungkin bisa lebih parah, yaitu infeksi di organ ginjal.
  • Moms mengalami nyeri yang hebat di bagian perut (salah satu tanda preklamsia)
  • Moms mengalami muntah-muntah yang terjadi secara terus menerus (tanda preklamsia)
  • Keluarnya cairan bertekstur encer dari jalan lahir. Cairan tersebut keluar dengan cara menyembur deras.
  • Moms mengalami rasa sakit di bagian pinggang khususnya pinggang bagian belakang
  • Terasa seperti ada tekanan di daerah panggul yang terjadi secara intens

Apabila Anda mengalami beberapa gejala di atas, segera kunjungi dokter agar dokter melakukan pemeriksaan pada kandungan Anda. Jika terlambat, dampaknya akan sangat fatal bagi Anda dan bayi. Tentu Moms tidak ingin bayi terlahir prematur, bukan? Untuk mencegah bayi terlahir prematur, Moms wajib menjaga kesehatan kandungan dan kesehatan fisik. Salah satunya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil, berolahraga secara rutin, dan menghindari stress. Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kesehatan kandungan ke dokter spesialis kandungan agar terpantau perkembangan dan pertumbuhan janin Moms. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, bayi pun akan lahir dengan sehat di usia kandungan yang tepat.