Tak Cuma Asam Folat, Vitamin D Juga Dibutuhkan Ibu Hamil

Merries Insight
09 Juli 2016
Umum
Share
Tak Cuma Asam Folat, Vitamin D Juga Dibutuhkan Ibu Hamil

Mengkonsumsi vitamin D selama masa kehamilan disarankan oleh dokter dan ahli gizi. Asam folat dan vitamin D sama pentingnya untuk ibu hamil. Selama masa kehamilan, Moms dianjurkan menjaga asupan vitamin ini yang masuk ke dalam tubuh. Ada berbagai alasan mengapa Moms harus menjaga asupan vitamin D.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Vitamin D ternyata mempunyai peranan dan andil besar untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan tingginya kadar kalsium dan fosfat di dalam tubuh yang bisa dimaksimalkan dengan peranan vitamin tersebut. Untuk menjaga asupan vitamin D, ada baiknya Moms mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan vitamin D seperti minyak ikan, daging merah, telur, berbagai makanan lainnya, serta konsumsi sinar matahari yang baik untuk tulang dan gigi.

Menjaga Fungsi Kerja Otot Selama Kehamilan

Seringkali Moms kurang menjaga dan memperhatikan asupan vitamin D selama kehamilan. Padahal vitamin D amat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan khususnya untuk menstabilkan fungsi kerja otot selama masa kehamilan. Moms bisa memenuhi asupan vitamin D dari multivitamin, suplemen, ataupun bahan dan makanan alami. Namun, Moms tetap harus memeriksa takarannya agar Moms mendapatkan asupan vitamin D dengan dosis tepat dan benar. Moms yang sedang hamil dan menyusui sangat disarankan untuk segera mengkonsumsi suplemen vitamin D harian sebanyak 400 IU. Ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan vitamin D dengan dosis tinggi. Memaksimalkan Penyerapan Kalsium

Selain itu, vitamin D bisa membantu tubuh untuk memaksimalkan penyerapan kalsium pada janin dari nutrisi yang ada di tubuh Moms. Bila Moms kekurangan vitamin D selama masa kehamilan, maka akan beresiko untuk menurunkan level kalsium di dalam tulang si kecil. Tentu saja hal ini sangat berbahaya bagi si kecil karena akan membuat tulangnya jauh lebih rapuh. Potensi terkena penyakit ricket akan membayangi saat Moms melahirkan si kecil karena kekurangan vitamin D di masa kehamilan.

Asupan vitamin D yang berada pada batas aman dan baik selama proses kehamilan pastinya sangat bagus untuk menjaga kesehatan si janin dan Moms sendiri. Si kecil bisa mendapatkan vitamin D dari asupan vitamin yang ada di dalam tubuh Moms. Selain itu, setelah si kecil lahir, konsumsi vitamin D bisa didapatkan dari ASI. Pastikan bahwa selama masa kehamilan, Moms memperoleh konsumsi vitamin D yang cukup untuk memproduksi ASI yang berkualitas. Itulah tadi mengapa vitamin D amat penting saat masa kehamilan.