Tahu Kukus Bunga Sosis: Lezat, Mudah Dibuat & Cocok Buat Bekal Sekolah

Merries Insight
29 Juni 2016
Kesehatan
Share
Tahu Kukus Bunga Sosis: Lezat, Mudah Dibuat & Cocok Buat Bekal Sekolah

Moms pasti khawatir kan jika Si Kecil jajan sembarangan ketika di sekolah. Karena belum tentu makanan tersebut bersih dan sehat. Nah jika tidak mau Si Kecil jajan dan makan sembarangan di sekolahnya kenapa tidak Moms buatkan saja tahu kukus bunga sosis? Selain mudah tentu Si Kecil akan merasa senang jika bekal makannya mempunyai bentuk dan kreasi yang unik dari Moms.

Meskipun memang tahu dan sosis ini bisa langsung dikonsumsi tetapi tidak ada salahnya bukan jika Moms berkreasi untuk bekal Si Kecil? tidak sulit kok dalam membuatnya dan bahan-bahannya juga sangat mudah terlebih lagi untuk sosis dan tahunya yang dapat Moms temukan dengan mudah. Dengan cara ini Si Kecil pasti tidak akan merasa bosan dengan menu bekalnya untuk ke sekolah. Yuk Moms simak berikut ini ya!

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 5 buah sosis sapi atau ayam (sesuai selera)
  • 2 butir telur ayam
  • 5 buah tahu putih
  • 1 buah wortel yang sudah dipotong berbentuk dadu
  • 3 buah batang daun bawang
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • 3 siung bawang putih yang sudah dipotong halus
  • ¼ sendok teh garam
  • Royco sapi 2 bungkus

Cara pembuatan :

  1. Terlebih Moms hancurkan tahu putih hingga halus dan lembut setelah itu baru ditambahkan dengan daun bawang, wortel, telur, merica, bawang putih, royco, dan juga garam. Kemudian diaduk hingga semuanya tercampur secara merata.
  2. Kemudian sosis Moms potong hingga menjadi 4 bagian dan agar bentuknya seperti bunga maka Moms membelahnya secara melintang tipis potongan sosis.
  3. Moms sediakan cetakan kue putu ayu atau talam dan sebelum dimasuki adonan diolesi dengan minyak terlebih dahulu. Baru setelah itu diisi dengan adonan tahu sampai penuh dan padatkan.
  4. Kemudian letakkan potongan sosis yang sudah Moms buat ditengah-tengah adonan dan lakukan hal yang sama untuk setiap cetakan hingga adonan habis.
  5. Adonan Moms hingga 25 menit atau sampai matang setelah itu diangkat dan lepaskan tahu kukus dari cetakan dan kemudian tahu kukus bunga sosis siap untuk disajikan.

Dengan cara ini maka Si Kecil tidak akan merasa bosan membawa bekal makanan untuk ke sekolah selain itu kesehatan Si Kecil juga menjadi lebih terjamin karena makanan yang dibawanya sebagai bekal merupakan buatan sendiri dan tanpa ada campuran zat lain yang dapat berbahaya bagi Si Kecil.