Suplemen Seperti Apa yang Paling Banyak Dibutuhkan oleh Ibu Hamil?

Merries Insight
20 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Suplemen Seperti Apa yang Paling Banyak Dibutuhkan oleh Ibu Hamil?

Sebagai ibu hamil, pastinya Moms akan menjaga setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh untuk perkembangan si janin. Gizi yang seimbang akan menjadi dasar pertumbuhan sempurna bagi jabang bayi. Akan tetapi, asupan gizi saja juga tidak akan cukup untuk mendukung perkembangan janin, maka Moms perlu mengkonsumsi beberapa suplement yang disarankan oleh dokter untuk menjaga supaya calon baby Moms bakalan tumbuh dengan sempurna.

Apa saja sih Moms jenis suplemen ibu hamil? Kalau Moms sedang hamil biasa mengkonsumsi suplemen apa? Pada dasarnya Moms, suplemen ibu hamil itu mengandung berbagai vitamin serta mineral yang merupakan tambahan pelengkap akan makanan bernutrisi yang dikonsumsi sehari-hari. Tapi, perlu hati-hati juga ya Moms, kalau penggunaan suplemen yang tidak sesuai dengan keperluan tubuh juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan Moms sendiri bahkan bagi perkembangan si jabang bayi. Jadi, apa saja yang termasuk suplemen ibu hamil?

Salah satu suplemen ibu hamil adalah asam folat. Nah, tahu nggak Moms, kenapa asam folat sangat penting bagi ibu hamil? Hal ini disebabkan karena pengkonsumsian asam folat sebelum trimester pertama akan membantu pencegahan terjadinya cacat saraf. Moms bisa mengkonsumsi salah satu dari jenis vitamin B ini sebanyak 0,4 mg per hari Selain asam folat, suplemen ibu hamil lainnya adalah zat besi yang akan membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke janin di kandungan Moms, jadi pertumbuhan janin akan semakin baik.

Untuk pengkonsumsiannya, Moms bisa lakukan saat usia kandungan masuk trimester tengah yang mana zat besi pada Moms akan ditransfer ke janin dan placenta sebagai cadangan apabila terjadi pendarahan saat persalinan. Jumlah zat besi yang Moms harus konsumsi sekitar 27 mg per hari.

Suplemen ibu hamil yang perlu dikonsumsi adalah yodium yang mana jika Moms kekurangan yodium, maka akan menyebabkan hipotiroidisme ringan yang akan menimbulkan komplikasi di masa mendatang. Jadi, bagi Moms yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi yodium dengan menambah penggunaan garam dapur yang beryodium atau mengkonsumsi suplemen kehamilan yang mengandung yodium.

Vitamin juga termasuk suplemen ibu hamil, yang pemenuhannya dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin serta mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin. Meskipun Moms mendapatkan vitamin dengan mengkonsumsi makanan sehari-hari, akan tetapi pemenuhan vitamin tertentu seperti vitamin B12, D maupun K sangat diperlukan saat Moms dalam kondisi hamil.

Baca Juga

Barang-barang yang Dibutuhkan Ibu Baru

5 Vitamin Penting yang Dibutuhkan Oleh Bayi

Penjelasan Sederhana Seperti Apa yang Paling Efektif untuk Si Kecil?

Selain vitamin, ada pemenuhan suplemen yang mengandung kalsium juga perlu lho Moms. Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi kalsium sebanyak 1200 mg/hari akan membantu Moms dalam mendukung perkembangan janin.

Sekarang lebih faham kan Moms akan berbagai suplemen ibu hamil? Pemenuhan suplemen seperti kalsium, asam folat, vitamin, zat besi maupun yodium sangat berpengaruh bagi perkembangan janin serta kesehatan ibu hamil lho Moms. Jadi, disarankan untuk tetap menjaga pengkonsumsian suplemen ibu hamil selama masa kehamilan bahkan sampai melahirkan.