Supaya Si Kecil Mau Pakai Baju

Merries Insight
30 November 2015
Kesehatan
Share
Supaya Si Kecil Mau Pakai Baju

Terkadang banyak orang tua yang merasa jengkel dengan kebiasaan si kecil yang tidak mau memakai baju, terlebih setelah mandi. Mereka akan berusaha keras untuk menolak menggunakan pakaian, dan bahkan sampai berlari ke luar tanpa menggunakan baju. Pasti jengkel kan?

Moms, perlu diketahui jika tidak mau memakai baju dan berlari ke seluruh ruangan untuk menghindari dari kejaran anda, merupakan perilaku normal yang biasa dimiliki oleh setiap anak. Inilah cara mereka memperlihatkan kemandiriannya dan menunjukkan jika dia memiliki pendapat dan kemampuan sendiri.

Selain itu, ini pun menjadi pertanda jika si kecil sudah siap dilatih untuk mulai memilih pakaian sendiri, dilatih menggunakan baju sendiri, dan mulai dilatih menggunakan toilet sendiri atau toilet training. Terus, bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Pilih Baju Sendiri

Setelah mandi, tawarkan kepada si kecil pakaian apa yang ingin dia kenakan. Berikan 2 atau 3 pilihan baju yang sangat dia sukai. Setelah itu, dia pasti akan melunak, dan mulai memilih pakaiannya sendiri. Di sinilah fase kemandirian ini dibentuk

Biarkan Sendiri

Biarkan si kecil menggunakan pakaiannya sendiri. Memang di awal-awal ini akan memakan waktu yang lama, dan bahkan bisa saja si kecil akan mengalami kesulitan. Jangan khawatir, ini bagian dari proses belajar, lagian bukankah si kecil tidak akan belajar jika terus anda yang memakaikan pakaiannya?

Sabar

Pada akhirnya, anda dituntut untuk lebih sabar lagi dalam menghadapi kelakuan si kecil. Jadikan ini sebagai ajang bermain-main, sekaligus mengajarkan si kecil untuk mandiri. Yakinlah setelah ini, anda tidak akan repot lagi dengan urusan baju, karena si kecil sudah bisa sendiri.

Lebih awal

Proses menggunakan baju ini pasti akan berjalan cukup lama, apalagi si kecil mandi sambil bermain-main. Jadi, agar Moms tidak jengkel karena diburu waktu, dan si kecil tetap ceria dengan permainannya, sebaiknya persiapkan hal ini sejak dini. Bahkan satu atau dua jam sebelum anda berangkat.

Tawarkan hadiah

Kalau si kecil berhasil melakukan seluruh instruksi anda, jangan lupa untuk memberikannya hadiah. Pada dasarnya, pemberian hadiah ini untuk mendorong si kecil lebih berani lagi dalam mengembangkan kemampuannya. Tidak perlu hadiah yang mahal, pujian atau baju baru pun bisa!

Ingat Moms, jadikan fase ini sebagai hal yang menyenangkan. Dengan begitu, proses belajar si kecil akan lebih lancar. Anda pun tidak tertekan karena sikap memberontaknya si kecil. Selamat menjadi ibu yang bijak Moms!