Sudah Tahu Busy Books? Katanya Bisa Mengurangi Kecanduan Gadget Lho!

Merries Insight
30 Agustus 2019
Tumbuh Kembang
Share
Sudah Tahu Busy Books? Katanya Bisa Mengurangi Kecanduan Gadget Lho!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Apakah kecanduan gadget berbahaya?
  2. Kenapa Si Kecil bisa kecanduan gadget?
  3. Busy Books Bisa Atasi Kecanduan Gadget
  4. Busy book digunakan untuk Si Kecil usia berapa?
  5. Beli ready to use atau Buat Busy Books Sendiri?

Masalah kecanduan gadget merupakan salah satu hal yang lumrah terjadi pada anak-anak zaman sekarang. Bagaimana tidak, sejak usia dini Si Kecil sudah mulai terpapar dengan benda canggih ini, dari mulai menonton video online, hingga bermain games sederhana.

Apakah kecanduan gadget berbahaya?

Sudah tentu kecanduan gadget merupakan hal yang sangat berbahaya Moms, apalagi jika kecanduan gadget ini sudah dimulai sejak usia dini. Salah satu dampak buruk yang mungkin akan terjadi adalah, meningkatnya risiko autisme. (oleh dr Melly Budhiman, SpKJ, presiden dari Yayasan Autisma Indonesia)

Menurut dr Melly, di usia 0-5 tahun otak Si Kecil masih berada dalam periode emas atau yang dikenal dengan istilah golden period of development. Di masa ini, Si Kecil akan mengalami banyak lompatan dalam perkembangan otaknya, termasuk kemampuan dalam bersosialisasi dan komunikasi.

Makanya, jika dalam masa emas ini kemampuan otak Si Kecil tidak dikembangkan dengan maksimal, dan hanya terfokus kepada gadget saja, bukan tidak mungkin kondisi ini bisa memicu timbulnya pribadi yang anti-sosial, bahkan meningkatkan risiko autisme.

Kenapa Si Kecil bisa kecanduan gadget?

Penyebab kecanduan gadget sendiri cukup beragam, ada orangtua yang sengaja memberikan gadget kepada Si Kecil agar dia bisa tetap tenang, sementara Moms sedang bekerja, ada pula yang awalnya digunakan sebagai pembujuk agar anaknya mau melakukan kebaikan, hingga akhirnya kebablasan.

Selain itu, ada beberapa faktor yang membuat Si Kecil lebih memilih gadget ketimbang bermain di luar rumah, hingga akhirnya membuat dia mengalami kecanduan gadget. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Gadget menyediakan banyak hal baru, sedangkan naluri anak yang selalu ingin tahu dengan hal-hal yang baru, kemudian mencobanya.
  2. Gadget memberikan banyak kesenangan, dari mulai menonton film, hingga menyediakan permainan dengan grafis yang menakjubkan.
  3. Banyak orangtua yang tidak memberlakukan peraturan ketat terkait gadget, sehingga Si Kecil akan terbiasa dan nyaman dengan gadget.

Apapun alasannya, kecanduan gadget merupakan masalah yang sangat serius dan harus segera diatasi dengan baik. Jika tidak, kehidupan Si Kecil dan masa depan akan jadi taruhannya.

Busy Books Bisa Atasi Kecanduan Gadget

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kecanduan gadget pada Si Kecil, salah satunya dengan menggunakan teknis busy book. Sesuai dengan namanya, terapi ini digunakan dengan menggunakan buku sebagai media untuk mengatasi kecanduan gadget.

Awalnya, busy book diperuntukkan untuk membuat Si Kecil yang hiperaktif menjadi lebih tenang dalam berbagai situasi. Tapi sekarang ini, selain masih digunakan untuk terapi agar anak hiperaktif menjadi lebih tenang, banyak juga yang menggunakan busy book sebagai alat untuk menurunkan kecanduan gadget pada anak-anak.

Busy book pasti disukai anak-anak karena tampilan busy book memang dibuat semenarik mungkin. Busy book sendiri merupakan buku aktivitas untuk balita yang didesain secara kreatif untuk membangun sekaligus mengasah beragam kemampuan dan keterampilan si Kecil.

Busy Book umumnya terbuat dari kain (terutama flannel) yang dibentuk menjadi sebuah buku dengan warna warna cerah, berisi aktivitas permainan sederhana yang mampu merangsang kemampuan motorik halus anak seperti memasang kancing, mencocokkan warna atau bentuk, dan menjahit.

Busy book digunakan untuk Si Kecil usia berapa?

Rentang usia target yang pas untuk busy book adalah sekitar dua sampai lima tahun, dengan fokus pada keterampilan seperti pencocokan, sortasi, permainan imajinatif, dan berpakaian (ritsleting, dasi, tali pengikat, dll.). Namun ada juga produk busy book untuk Si Kecil yang masih bayi <1 tahun. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

  • Usia <1 tahun, biasanya busy book hanya berisi gambar-gambar lucu dengan warna yang cerah ceria. Buku ini akan memperkenalkan Si Kecil pada bentuk benda atau figur, seperti gambar binatang, tanaman, buah dan lain-lain.
  • Usia 1-2 tahun, busy book masih berisi gambar-gambar lucu dengan warna yang yang cerah ceria, namun isinya sudah ditambah dengan mengenalkan beberapa pengetahuan , seperti memperkenalkan huruf dan angka.
  • Usia 2-3 tahun, busy book tetap berisi gambar lucu dengan warna yang ceria, namun sudah memperkenal beberapa pengetahuan dan aktivitas yang lebih banyak, seperti mencocokkan gambar dengan nama binatang, mencocokkan gambar buah dengan warnanya dan lain-lain.
  • Usia 3 tahun ke atas, dengan tetap berisi gambar lucu dan warna ceria, busy book untuk Si Kecil usia 3 tahun ke atas berisi tentang pengetahuan dan aktivitas yang lebih rumit, seperti cara membaca jam, mengenal alat kedokteran, cara mengancing baju dan lain sebagainya.

Beli ready to use atau bikin busy books sendiri?

Ada banyak sekali penyedia atau penjual busy book ready to use yang bisa Moms cari dengan mudah di toko online dengan harga yang bervariasi, tergantung pada kerumitan dan bahan yang dipakai untuk membuat busy book tersebut.

Namun, jika Moms punya banyak waktu luang di rumah, mungkin Moms bisa membuatnya sendiri. Moms lebih memilih membuat busy book sendiri ketimbang membelinya jadi? Moms bisa melihat salah contoh cara membuat busy book di Blog craft dan DIY, SheNisa, berikut ini.

Cara Membuat Busy Book Mobil dan Balon

Alat dan Bahan:

  • kain flanel warna-warni 25 x 25 cm
  • beberapa kancing hias (sesuaikan jumlah balon yang ingin dibuat)
  • benang rajut
  • pita
  • benang dan jarum jahit
  • lem tembak/ UHU

Cara Membuat:

  1. Potong flanel berukuran 25 x 25 cm. Gunting pinggirannya dengan gunting zig-zag (bisa dilewati step ini).
  2. Jiplak gambar jalan raya, mobil dan jendela.
  3. Lem jalan raya, Disusul kemudian dengan mobil. Untuk rodanya jahit dua buah kancing dengan jarum jahit (bisa juga dilem).
  4. Jiplak pohon dan hati. Tempelkan di sekitar mobil.
  5. Jiplak gambar balon, masing-masing warna dibuat dua rangkap. Lubangi dengan gunting, untuk tempat kancing.
  6. Potong 5 helai benang rajut sepanjang beberapa cm.
  7. Rekatkan benang rajut di dalam flanel. Tutup lagi dengan flanel lain. Satukan dengan lem agar balon lebih tebal.
  8. Pasang kancing hias di atas mobil. Atur posisinya sesuai selera.
  9. Pasang balon di kancing hias, tarik benangnya dan ikat jadi satu di ujungnya. Tempelkan ujung benang di atas mobil menggunakan lem dan hias dengan pita.

Berikut ini diagram cara membuat busy book flanel mobil dan balon ala SheNisa: