Stimulus yang Bisa Dilakukan Orang Tua Pada Bayi Dua Bulan

Merries Insight
21 Oktober 2020
Tumbuh Kembang
Share
Stimulus yang Bisa Dilakukan Orang Tua Pada Bayi Dua Bulan

Tumbuh kembang bayi yang baru lahir biasanya berjalan dengan cepat dan itu tentu saja memberikan kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil pun nyatanya bisa dirangsang oleh orang tua loh, Moms! Beragam rangsangan atau stimulus bisa diberikan oleh orang tua kepada Si Kecil agar perkembangan dan pertumbuhannya berjalan dengan baik.

Dalam usia dua bulan, bayi telah mampu menunjukkan bermacam kecerdasan yang membuat orang tua bahagia sekaligus takjub. Salah satu perkembangan yang terlihat nyata dari bayi berusia dua bulan adalah dari sisi pendengaran dan penglihatan. Si Kecil sudah mampu memberikan respon berupa senyuman atau tertawa melihat orang tua yang ada di depannya.

Selain itu, Si Kecil secara perlahan juga mengetahui jika Moms dan Dads mengajaknya berkomunikasi. Si Kecil akan membalas ajakan Moms dan Dads untuk berkomunikasi lewat raut wajah dan mimik mukanya. Berkembangnya penglihatan dan pendengaran Si Kecil hanyalah contoh kecil dari banyaknya perkembangan yang dialaminya pada usia dua bulan.

Berikut ini beberapa stimulus yang bisa Moms dan Dads lakukan pada bayi berusia dua bulan.

1. Memberikan Mainan

Selain indra penglihatan dan pendengarannya yang sudah mulai berkembang, bayi berusia dua bulan juga sudah mulai mampu menggerakkan tangannya seraya menggenggam. Oleh sebab itu, ada baiknya Moms dan Dads mulai memberikan Si Kecil mainan. Namun, mainan yang diberikan haruslah aman dan memiliki bahan yang tidak membahayakan bagi Si Kecil. Beberapa mainan yang bisa diberikan Moms dan Dads pada Si Kecil berusia dua bulan di antaranya kecrekan khusus bayi, mainan plastik, dan bisa juga teethers.

Adapun mainan-mainan tersebut nantinya dapat menjadi stimulus bagi perkembangan sensorik dan motorik Si Kecil sehingga kecerdasannya pun ikut meningkat seiring berjalannya waktu. Guna semakin memaksimalkan perkembangan Si Kecil, Moms juga bisa memakaikan Si Kecil Popok Merries. Popok Merries adalah popok yang tepat digunakan untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Dengan daya serap yang bagus dan berbahan ekstra lembut, Si Kecil tidak akan mengalami iritasi kulit serta ruam popok.

2. Ajak Bercanda

Pada usia dua bulan, Si Kecil sudah bisa tersenyum. Oleh sebab itu, ada baiknya Moms dan Dads mulai sering mengajak Si Kecil bercanda. Hal itu dapat menjadi stimulus bagi pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Moms atau Dads bisa mengajak Si Kecil bercanda dengan bermain cilukba atau menempatkan mainan yang bisa memutar di atas baby box-nya. Senyuman dari Si Kecil bisa menjadi pertanda bahwa suasana hatinya tengah bahagia berada di sekitar orang tuanya.

Stimulus lainnya yang bisa Moms dan Dads lakukan adalah dengan menyanyikannya sebuah lagu. Lagu-lagu dengan lirik yang berulang-ulang dan menyiratkan kebahagiaan bisa merangsang senyum di wajah Si Kecil. Cara itu juga secara tak langsung merangsang kemampuan Si Kecil untuk mengeluarkan kata-kata dari mulutnya. Agar segala aktivitas yang memicu tumbuh kembang Si Kecil berjalan dengan lancar, gunakan Popok Merries untuk Si Kecil. Pasalnya, pada usia yang baru menginjak dua bulan, metabolisme Si Kecil berlangsung dengan cepat, sehingga Si Kecil akan sering pipis. 

Karena Si Kecil akan masih sering pipis, bahkan ketika sedang tidur, Moms harus memilih popok berkualitas sehingga Si Kecil terhindarkan dari ruam popok dan bisa tetap merasa nyaman. Pilih Merries ukuran NB atau S dengan tipe perekat yang terdiri dari tiga lapisan bersirkulasi udara akan membuat kulit Si Kecil terhindar dari lembap dari cairan pipis, kotoran lunak, atau keringat Si Kecil. Lapisan-lapisan ini membantu popok menyerap cairan dengan cepat, kembali kering, dan mengeluarkan uap dari dalam popol. Dengan demikian, kulit Si Kecil akan terus kering dan terhindar dari iritasi serta ruam popok yang bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya.

3. Memperdengarkan Musik

Pada usia dua bulan, pertumbuhan sensorik bayi juga turut berkembang. Pada periode ini, Si Kecil sudah mampu untuk mendengarkan berbagai jenis suara dengan baik. Maka dari itu, Moms dan Dads bisa merangsang atau menstimulus hal tersebut dengan memperdengarkan musik untuk Si Kecil. Beberapa jenis musik yang bisa jadi stimulus tersebut di antaranya adalah musik klasik, instrumental, lagu pengantar tidur, dan bahkan senandung suara Moms juga baik bagi Si Kecil.

Mendengarkan musik juga akan meningkatkan perkembangan otak Si Kecil, terlebih pada usia dua bulan yang semuanya berlangsung cepat. Bukan hanya itu, mendengarkan musik pada usia dua bulan akan membantu Si Kecil dalam mengekspresikan diri dan mengungkapkan perasaannya. Sembari mendengarkan musik, Si Kecil juga bisa melambaikan tangan, menggoyang-goyangkan badan, dan bahkan tersenyum sebagai respon atas musik yang mereka dengarkan. Baca artikel ini untuk memahami guna musik dalam tumbuh kembang Si Kecil.

4. Mengajak Berbicara

Pada usia dua bulan, bayi pada umumnya sudah mulai bisa mengenali bahasa. Oleh karena itu, untuk merangsang kemampuan tersebut Moms dan Dads perlu sesekali mengajak Si Kecil berbicara. Ketika mengajak berbicara Si Kecil maka secara langsung dia akan bisa melihat gerakan mulut dan gerakan lidah Moms dan Dads. Tak jarang hal tersebut membuat Si Kecil ikut mengoceh mengikuti suara yang dikeluarkan oleh Moms dan Dads.

Mengajak berbicara juga menjadi stimulus yang baik bagi Si Kecil untuk mengenali kata-kata pertamanya. Secara tak langsung, otak Si Kecil juga akan merekam kalimat-kalimat yang berulang kali diucapkan oleh Moms dan Dads. Maka dari itu, mengajak Si Kecil berbicara perlu dijadikan kebiasaan agar kemampuan komunikasi bayi saat dewasa menjadi lebih baik lagi. Meski belum bisa berbicara dengan lancar, segala macam bentuk komunikasi yang diberikan oleh Moms dan Dads akan sangat berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Suara-suara dari Moms dan Dads juga akan mampu menjadi penenang Si Kecil ketika tengah rewel.

Salah satu momen quality time yang Moms dan Dads dapatkan dengan Si Kecil di tengah rutinitas adalah saat mengganti popok Si Kecil. Ajak Si Kecil berbicara ketika Moms atau Dads sedang mengganti popok Si Kecil. Selain menstimulasi perkembangan Si Kecil, mengajak ia berbicara akan menarik perhatian Si Kecil agar tidak banyak bergerak saat popok sedang diganti. Gunakan popok Merries agar proses ini bisa lebih mudah, keberadaan perekat tape yang bisa dilepas pasang membuat popok Merries lebih mudah dilepas-pasang dan disesuaikan dengan tubuh Si Kecil.