Siasati Dengan Cara Ini Jika Si Kecil Suka Jajan Sembarangan

Merries Insight
03 Juli 2015
Kesehatan
Share
Siasati Dengan Cara Ini Jika Si Kecil Suka Jajan Sembarangan

Namanya juga anak-anak, kadang mereka akan langsung tergoda ketika melihat makanan berwarna-warni atau memiliki kemasan yang menarik. Padahal di belakang itu, tanpa mereka sadari bahaya obesitas dan bakteri penyebab penyakit sedang mengincarnya.

Untuk itu, sudah menjadi tanggung jawab Moms sebagai orang tua untuk menjaga anak-anak supaya tidak jajan sembarang. Nah, kalau Moms merasa kerepotan untuk melarangnya, berikut merupakan beberapa trik yang bisa Moms coba.

Jadwal Mall

Anak mana sih yang tidak suka main ke Mall dan jajan di sana? Nah, jadikan ini sebagai tawaran menarik untuk anak anda, dengan perjanjian, si kecil akan diajak ke Mall tiap hari Minggu, dan di sana mereka boleh jajan sepuasnya, tetapi dengan syarat Senin hingga Sabtu mereka harus menahan diri untuk tidak asal jajan (boleh jajan tapi harus sesuai izin anda!).

Masak sendiri

Tahukah Moms apa yang membuat mereka tergoda oleh jajanan di pinggir jalan? Ya, penampilan dan kemasan yang sangat menarik. Untuk itu, cobalah Moms untuk membuat makanan sendiri dengan tampilan dan kemasan yang jauh lebih menarik ketimbang jajanan yang di jual di pinggir jalan.

Libatkan anak Membuat makanan

Ajak si kecil untuk memasak makanannya sendiri, kemudian libatkan mereka dalam proses ini. Dengan begitu, mereka akan bisa belajar membuat makanan sendiri, dan nafsu untuk jajan pun akan sedikit berkurang. Jadwalkan kegiatan ini secara rutin, kalau perlu Moms bisa mengajak teman-teman si kecil supaya acara ini lebih seru.

Berikan contoh

Anak merupakan cerminan dari kelakuan orang tuanya. Untuk itu, kalau Moms ingin si kecil bisa menurut dan tidak jajan sembarangan, sebaiknya berikan contoh. Usahakan si kecil selalu melihat jika Moms hanya mengonsumsi makanan yang Moms masak sendiri, dengan begitu mereka akan tahu kalau makanan terbaik itu adalah makanan yang ada di rumah.

Selain itu, jangan lupa untuk konsisten memberlakukan peraturan ini. dengan kesabaran dan kerja keras anda, dijamin si kecil tidak akan asal jajan di luar. Nah, Moms sendiri bagaimana? Sudahkah sukses mengerem nafsu jajan si kecil?