Si Kecil Takut Lampu Kamar Dimatikan Saat Tidur? Lakukan Ini Ya Moms

Merries Insight
07 Agustus 2016
Tumbuh Kembang
Share
Si Kecil Takut Lampu Kamar Dimatikan Saat Tidur? Lakukan Ini Ya Moms

Disaat imajinasi si kecil sedang berkembang, sebaiknya jangan Moms sisipkan hal-hal yang berpotensi membuatnya takut. Pasalnya, kebiasaan ini akan membuat si kecil tidak mau tidur sendiri, atau bahkan takut kalau lampu kamar dimatikan.

Kalau dibiarkan, kondisi ketakutan si kecil ini akan berkembang menjadi hal yang lebih serius. Contohnya, ketika si kecil takut gelap, dia akan cenderung menahan keinginannya untuk buang air kecil. Alhasil, masalah kesehatan pun siap menerjang.

Selain itu, ternyata rasa takut akan kegelapan ini pun berpotensi mempengaruhi aktivitas sehari-hari, bahkan bisa menurunkan prestasi akademik si kecil. Kondisi ini terjadi karena si kecil sulit tidur karena ketakutan, hingga akhirnya dia kurang tidur dan sulit konsentrasi selama di sekolah.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar si kecil tidak takut dengan gelap?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Pediatrics, menemukan fakta jika teman tidur merupakan cara terbaik untuk melawan rasa takut dengan kamar gelap. Untuk itu, Moms bisa memberikan si kecil boneka kesayangannya, guling atau barang lain yang bisa jadi teman tidurnya.

Selain itu, jangan lupa untuk berhenti menakut-nakuti dan mengatakan hal-hal buruk seputar kegelapan. Contohnya, ayo cepatan tidur, nanti monsternya datang lho!. percayalah Moms, cara-cara seperti ini tidak akan menolong. Justru sebaliknya, cara ini malah akan membuat si kecil makin takut.

Baca Juga

Si Kecil Sudah Punya Kamar Sendiri Tapi Masih Takut? Ini Tipsnya Moms

Baik atau Tidak Jika Bayi Tidur di Kamar Terpisah dengan Orangtua?

Bolehkah Si Kecil yang Baru Lahir Tidur di Kamar Berpendingin Ruangan?

Usahakan untuk menjauhkan si kecil dari tayangan televisi yang bisa membuatnya makin takut, seperti film horror atau lainnya. Kalaupun si kecil ingin menonton, berikan dia penyuluhan kalau itu hanya sebatas film dan tidak akan ada di dunia nyata.

Langkah terakhir, jangan lupa untuk tidak mencap si kecil sebagai anak penakut. Alih-alih membuatnya termotivasi untuk berani, cara ini justru akan membuat dirinya semakin yakin kalau dia adalah seorang penakut. Alhasil, dia pun tidak akan mampu untuk mengatasi rasa takutnya.

Sebagai penyempurna, Moms bisa mendekorasi kamar si kecil semenarik mungkin. Contohnya, dengan memberikan lampu tidur berupa sinar kerlap kerlip bintang, atau dekorasi menarik lainnya. Untuk desain kamar tidur seperti ini, sudah banyak kok inspirasinya di Internet. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan,

Bagaimana Moms, sudah siapkah melepas si kecil ke kamarnya sendiri tanpa rasa takut?

Baca Juga

Kenapa Sih Anak Takut Mandi? Ini Alasannya

Si Kecil Takut Disuntik? Ini Trik yang Bisa Dicoba Moms

Baik atau Tidak Jika Bayi Tidur di Kamar Terpisah dengan Orangtua?