Si Kecil Ogah Berolahraga? Ini Solusinya Moms

Merries Insight
14 Mei 2016
Kesehatan
Share
Si Kecil Ogah Berolahraga? Ini Solusinya Moms

Olahraga merupakan salah satu gaya hidup sehat yang wajib ditanamkan sejak dini. Jika anak tidak suka olahraga, yang dikhawatirkan adalah, kebiasaan ini akan terus dilakukannya hingga dewasa nanti. Ini jelas berbahaya, mengingat pentingnya peran olahraga dalam pertumbuhan si kecil dimasa remaja nanti.

Nah Moms, agar kebiasaan baik ini bisa mereka sukai dan dijalankan secara rutin, berikut merupakan trik yang bisa anda lakukan, seperti dilansir dalam parenting.

Jangan Memaksakan

Saking semangatnya, tanpa sadar akhirnya anda terjebak dalam pola pemaksaan khas orang tua. Sepintas memang ini terlihat positif, tapi dibalik itu, ada dampak buruk yang mungkin saja ditimbulkan, salah satunya adalah, si kecil akan berolahraga karena perintah anda, bukan karena kesadaran sendiri.

Biarkan Anak Memilih

Sebagai orang tua, wajar kalau anda ingin yang terbaik bagi si kecil. Tapi disini ada dilarang keras untuk sewenang-wenang. Biarkan si kecil memilih jenis olahraga apa yang dia sukai. Dengan pilihan sendiri, si kecil akan menjalankan kegiatan olahraga ini secara suka cita tanpa terlihat terpaksa.

Teliti Dulu

Sebelum memutuskan untuk meng-olahragakan si kecil, ada satu hal yang harus anda lakukan, yakni mempelajari apakah olahraga tersebut cocok untuk dijalankan si kecil, termasuk pertimbangan kemampuan fisik, manfaat jangka panjang, konsistensi dan tentu saja biayanya.

Berpikir Untuk Masa Depan

Selain untuk membuat tubuh si kecil lebih bugar, ada beberapa jenis olahraga yang bisa anda manfaatkan untuk mulai merangkai masa depannya. Misalnya saja, berusaha mencetak si kecil jadi atlet sepakbola, karate, bulu tangkis atau olahraga yang bisa menunjang prestasi akademik si kecil di masa depan.

Jangan Membandingkan

Satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan orang tua, dan tanpa sadar akan menyakiti hati anaknya sendiri adalah, membanding-bandingkan dengan anak lainnya. Mungkin tujuan awalnya hanya ingin memberi motivasi, tapi disisi lain, bisa saja si kecil merasa segala usahanya sia-sia karena tidak dihargai.

Dukungan

Dukungan merupakan hal yang sangat penting bagi anak-anak. Selain dukungan secara finansial, anda pun wajib memberikan dukungan secara moril dengan cara, selalu mengantarkan si kecil tiap sesi latija, atau minimalnya, menghadiri pertandingan olahraga yang melibatkan si kecil.

Ingat Moms, setiap anak memiliki passion dan bakatnya sendiri. Tugas anda disini adalah, memaksimalkan segala potensi yang dimiliki si kecil dengan segala upaya yang anda bisa lakukan. Selamat mencoba!