Si Kecil Juga Bisa Dehidrasi Lho Moms, Pakai Cara Ini untuk Mencegahnya!

Merries Insight
08 Mei 2016
Kesehatan
Share
Si Kecil Juga Bisa Dehidrasi Lho Moms, Pakai Cara Ini untuk Mencegahnya!

Sama seperti orang dewasa, si kecil pun bisa menderita dehidrasi lho! Kondisi tubuh yang kekurangan cairan ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penurunan sistem kekebalan tubuh, bibir pecah-pecah, masalah pencernaan, kulit dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Terus, bagaimana cara mencegahnya?

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah si kecil terkena dehidrasi. Salah satunya adalah, dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Selain itu, berikut merupakan trik untuk mencegah si kecil dari dehidrasi, seperti dilansir dalam goodhousekeeping.

Buah-buahan dan sayuran

Untuk mengonsumsi buah-buahan, mungkin si kecil masih bisa dipaksa. Tapi kalau untuk sayuran, inilah PR yang cukup menguras emosi dan tenaga. Pasalnya, kasus anak yang tidak suka sayuran ini nggak hanya terjadi di Indonesia saja lho, tapi di luar negeri pun sama.

Solusinya, anda bisa memberikan penjelasan mengenai pentingnya sayuran untuk tubuh. Kalau masih sulit, berikan buah-buahan, seperti bengkoang, semangka, mentimun, tomat dan lainnya, dalam jumlah cukup.

Batasi Gerakannya

Anak aktif itu bagus, bahkan salah satu tanda anak sehat, tapi bagaimana kalau si kecil termasuk hiper aktif? Sulit memang untuk membatasi mobilitas si anak hiper aktif ini, tapi cobalah untuk membatasi pergerakannya dengan mainan yang membuatnya lebih banyak diam.

Tapi ingat lho Moms, yang disarankan itu membatasi gerakannya, bukan malah membuat si kecil jadi pasif. Disinilah anda dituntut untuk beperan sebagai orang tua yang mampu melindungi, tanpa harus mengikatnya.

Kurangi Gula Dan Garam

Percaya atau tidak, makanan tinggi gula dan garam merupakan salah satu penyebab kasus dehidrasi yang terjadi pada anak-anak. Hal ini cukup wajar, mengingat jajanan anak-anak didominasi oleh makanan manis dan asin, terutama jenis makanan junk food.

Untuk itu, sebisa mungkin tekan konsumsi gula dan garam hingga menyentuh ambang batas normal, dengan mengonsumsi makanan sehat.

Konsumsi susu

Susu merupakan salah satu minuman wajib yang harus dikonsumsi si kecil, minimalnya 2 gelas per hari. Hal ini dilakukan untuk menunjang pertumbuhan tulang dan giginya, memaksimalkan pertumbuhan rambut, serta menunjang kebutuhan nutrisi tubuh si kecil.

Selain itu, susu pun merupakan sumber terbaik kalsium yang berperan penting untuk memaksimalkan penyerapan air oleh tubuh, sekaligus mencegah timbulnya dehidrasi.

Selain itu, masih banyak hal lainnya yang bisa anda lakukan untuk mencegah si kecil dari dehidrasi. Tapi untuk pertama, fokuskan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih dan buah-buahan dalam jumlah cukup. Selamat mencoba!