Sering Sembelit Saat Hamil Itu Wajar Tidak?

Merries Insight
19 Januari 2016
Umum
Share
Sering Sembelit Saat Hamil Itu Wajar Tidak?

Masa-masa kehamilan memang salah satu masa yang paling membahagiakan ya, Moms. Tapi, di samping itu juga tentu Moms mengalami beberapa permasalahan seringkali membuat Moms menjadi khawatir. Salah satunya, mungkin sebagian dari Moms mengalami sebuah gangguan sembelit saat hamil.

Pada dasarnya, kebiasaan buang air besar merupakan sebuah kebiasaan yang pada frekuensi normalnya akan dialami oleh seseorang setiap hari terutama setelah bangun tidur pagi. Jika Moms mengalami ketidaknormalan BAB yang berbeda dengan kebiasaan BAB Moms di setiap harinya, maka Moms bisa dikatakan sedang mengalami masalah BAB atau biasa disebut sembelit. Ibu hamil pun juga bisa mengalami hal ini, Moms.

Beberapa penyebab sembelit saat hamil bisa disebabkan oleh beberapa hal, Moms. Salah satunya adalah adanya faktor hormonal pada ibu hamil tersebut. Dalam hal ini, hormon progesteron yang ada pada tubuh Moms akan meningkat secara drastis dan akan mempengaruhi kinerja usus. Usus akan bekerja sangat lambat, sehingga penyerapan air pun akan mengalami kendala dan feses akan semakin keras.

Penyebab sembelit saat hamil juga disebabkan karena rahim Moms yang kian membesar. Keadaan rahim yang semakin membesar ini akan mengakibatkan usus semakin tertekan Moms, sehingga feses akan mengalami kesulitan untuk keluar. Kejadian ini sering dialami oleh ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga, Moms. Selain itu, penyebab sembelit saat hamil juga terjadi karena pengkonsumsian vitamin maupun obat yang Moms butuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi. Selain memiliki efek positif, pengkonsumsian obat seperti ini ternyata bisa mengakibatkan sembelit. Hal ini dikarenakan dengan pengkonsumsian vitamin, asam folat serta beberapa suplemen lainnya akan mengakibatkan pengerasan pada feses, Moms.

Penyebab sembelit saat hamil juga bisa Moms alami saat Moms tidak lagi melakukan aktivitas gerak secara berlebih, bahkan pola makan yang tidak teratur dan kurangnya minum air putih juga bisa menyebabkan Moms mengalami sembelit saat masa kehamilan. Sebagian besar Moms yang dalam keadaan hamil pasti akan mengalami stres dan hal ini bisa memicu terjadinya sembelit, Moms.

Itulah beberapa penyebab sembelit saat hamil yang kerap kali dialami oleh ibu hamil. Tentunya, sebagai ibu hamil, Moms harus pandai dalam mengatur pola hidup sehat serta pola makan sehingga kejadian sembelit semacam ini tidak akan terjadi. Memperbanyak konsumsi air putih dan makanan berserat seperti sayuran, buah pepaya, buah pisang dan lainnya bisa Moms jadikan pilihan agar feses tidak keras dan Moms sendiri akan terhindar dari permasalahan sembelit.