Selalu Dukung Perkembangan Imajinasi Si Kecil Ya Moms!

Selalu Dukung Perkembangan Imajinasi Si Kecil Ya Moms!

Berkhayal tidak hanya sekedar permainan anak. Khayalan merupakan salah satu cara yang terbaik untuk mengantar si kecil agar menjadi pribadi yang kreatif. Pada dasarnya anak-anak masih hidup dalam dunia imajinasi. Bahkan anak dengan usia di bawah 7 tahun masih hidup dalam dunia dongeng. Mereka belum mampu membedakan antara dunia nyata dengan dongeng.

Anak-anak dapat berimajinasi dengan bebas sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Agar kemampuan berimajinasinya berkembang dengan baik, Moms tentu wajib untuk mendukungnya. Menurut penelitian terbaru, kemampuan imajinasi si kecil dapat menjadi faktor yang sangat menentukan keberhasilan akademis daripada IQ. Pastinya Moms ingin agar si kecil dapat menjadi pemikir yang kreatif, cerdas, dan memahami bahwa tidak ada jawaban pasti untuk setiap persoalan.

Nah, jika Moms ingin mendukung perkembangan imajinasi anak, Moms dapat mencoba beberapa kiat berikut ini untuk si kecil:

Menyusun Balok

Permainan menyusun balok termasuk salah satu mainan yang sudah dianggap kuno. Padahal permainan ini dapat mengembangkan imajinasi dan mengasah kreativitas si kecil. Pasalnya si kecil diberi kebebasan untuk berkreasi dan memanipulasi balok sesuai dengan imajinasi dan keinginan mereka. Permainan tersebut tidak memiliki peraturan khusus sehingga tidak ada hal benar dan salah ketika memainkannya.

Membiarkan Si Kecil Memimpin Permainan

Baca Juga

Begini Caranya Agar Imajinasi Bikin Si Kecil Lebih Kreatif

Moms, Ini Alasan Si Kecil Selalu Ingin Populer di Sekolahnya!

Moms, punya tips atau cara mengatasi flu Si Kecil tanpa obat? Share dong karena kasihan kalau tiap kena flu ia harus selalu minum obat.

Luangkan setidaknya 1 jam sehari untuk bermain dengan si kecil. Jangan mengatur permainan tetapi biarkan si kecil yang menentukannya sendiri. Moms dapat menyingkirkan mainannya kemudian membiarkan si kecil menciptakan permainan sendiri.

Membangkitkan Jiwa Petualang

Moms dapat menyajikan hidangan baru saat makan malam minimal satu kali seminggu. Selain itu ajak si kecil mengunjungi tempat bermain yang lain dari biasanya. Ajak ia berjalan kaki dan biarkan ia mengamati berbagai hal di sepanjang perjalanan.

Berkreasi dengan Benda Biasa

Mintalah bantuan si kecil untuk mencuci kotak atau kaleng bekas minuman. Setelah kering, ajak ia membangun benteng dengan memanfaatkan kotak dan kaleng tadi. Masukkan biji-bijian atau benda lainnya ke dalam botol. Biarkan si kecil memainkannya untuk menciptakan bunyi-bunyian. Cara lainnya, ajak si kecil membuat boneka dari kaos kaki yang sudah usang. Coba lihat, si kecil akan mulai berkreasi sesuai dengan imajinasinya.

Baca Juga

Begini Caranya Agar Imajinasi Bikin Si Kecil Lebih Kreatif

Moms, punya tips atau cara mengatasi flu Si Kecil tanpa obat? Share dong karena kasihan kalau tiap kena flu ia harus selalu minum obat.

Dads, Selalu Dampingi Moms di Setiap Tahap Kehamilan ya!

Mendongeng

Mendengarkan Moms mendongeng merupakan inspirasi untuk si kecil dalam menciptakan cerita sendiri menurut imajinasinya. Gunakan suara yang berbeda –beda untuk setiap tokoh. Ketika anak benar – benar memahami sebuah cerita, biarkan ia mengarang sendiri akhir ceritanya. Cara lainnya, ciptakan sebuah dongeng bersama si kecil di mana Moms memulainya dan biarkan ia melanjutkannya.