Sekolah Pertamanya! Yuk Dampingi Dia!

Merries Insight
04 November 2015
Kesehatan
Share
Sekolah Pertamanya! Yuk Dampingi Dia!

Rasa senang dan harapan akan tempat dan suasana baru, akan menyelimuti si kecil di hari pertamanya sekolah. Di sisi lain, terkadang muncul rasa khawatir, takut dan perasaan lainnya karena akan menghadapi lingkungan baru. Jangan khawatir Moms, ini perasaan normal kok!

Untuk memastikan si kecil belajar dengan baik di hari pertamanya sekolah, hal yang harus dilakukan adalah, persiapkan diri anda dan si kecil sejak lama. Biarkan dia mengenal lingkungan sekolahnya dulu, setelah itu carikan teman yang bisa dan dipercaya mampu membuat si kecil nyaman.

Ketika saatnya masuk kelas, antar si kecil sampai pintu kelas, dan dorong si kecil untuk mau duduk bersama teman-temannya, tanpa harus didampingi. Di sinilah kesabaran anda akan diuji, karena tidak hanya harus menolak keinginan si kecil yang merengek minta ditemani, tapi anda pun harus meyakinkan jika si kecil tidak dibuang.

Selain mempersiapkan masalah psikis, persiapan fisik pun harus dilakukan, salah satunya adalah dengan mandi sebelum berangkat sekolah, sarapan dan memberikan bekal makanan yang sehat. Namun, untuk masalah ini, biasanya beberapa sekolah modern sudah menyediakan makanan khusus untuk anak didiknya.

Sampai kapan si kecil harus didampingi?

Ini yang agak sulit. Meminta si kecil untuk masuk ke sekolah sendiri, dan langsung membaur dengan teman-temannya, bukanlah hal yang mudah. Di sini anda diwajibkan untuk mengerti bagaimana kondisi psikologis dan ketakutan anak-anak yang baru berusia 3-5 tahun.

Baca Juga

Dampingi Anak Atasi Konflik Dengan Teman

Dads, Selalu Dampingi Moms di Setiap Tahap Kehamilan ya!

Dampingi Buah Hati yang Mulai Berjalan dengan Cara Ini

Biasanya, pihak sekolah akan mengizinkan anda untuk menemani si kecil sekolah, hingga satu minggu. Manfaatkan tenggat waktu yang diberikan pihak sekolah dengan cara memberikan pengertian kepada si kecil jika anda tidak ingin berpisah, tapi ini semua harus dilakukan demi masa depannya.

Dalam masa satu minggu ini, anda pun harus membantu si kecil untuk mendapatkan teman yang bisa dipercaya dan mampu membuat si kecil nyaman. Biarkan mereka bergaul secara alami, seperti kebanyakan anak-anak di usianya.

Setelah bisa dilepas, tanggung jawab anda untuk mendukung pendidikan si kecil kini tinggal tersisa mengantarkan si kecil hingga pintu gerbang sekolah. Ketika sampai, jangan langsung pulang, tunggulah si kecil hingga kelasnya di mulai, dan jemputlah dia sebelum kelasnya berakhir.

Dengan cara ini, semoga saja kemandirian si kecil bisa dilatih sejak dini, dan dia pun bisa menjelma menjadi anak yang kuat, cerdas, dan memiliki mental yang baik.

Baca Juga

Dampingi Anak Atasi Konflik Dengan Teman

Dads, Selalu Dampingi Moms di Setiap Tahap Kehamilan ya!

Dampingi Buah Hati yang Mulai Berjalan dengan Cara Ini