Sehatkan Kehamilan, Konsumsi Makanan Berserat

Merries Insight
12 Agustus 2014
Kesehatan
Share
Sehatkan Kehamilan, Konsumsi Makanan Berserat

Serat merupakan komponen gizi yang diperlukan saat hamil. Rahim mengalami perubahan ukuran karena keberadaan janin. Jika Moms mengkonsumsi makanan kurang serat maka akan membawa dampak wasir. Pembuluh vena yang membesar karena tekanan rahim pada area usus dan vagina adalah penyebab utama. Moms harus menghindari wasir menyerang ketika hamil. Konsumsi makanan berserat menjadi modal utama. Selain sebagai pencegah wasir, konsumsi makanan berserat memiliki tujuan Moms dan bayi selalu sehat.

Makanan berserat yang harus Moms konsumsi adalah buah dan sayur. Buah yang banyak mengandung serat seperti pisang. Moms dapat mengkonsumsi berbagai jenis pisang yang ada. Pisang ambon, pisang raja, pisang susu baik bagi Moms saat hamil. Buah apel sebagai sumber serat yang cukup. Buah jambu biji, pear, dan blackberry adalah buah-buahan yang tinggi mengandung serat. Jenis sayur yang tergolong tinggi serat seperti kacang-kacangan dapat Moms konsumsi. Sayur bayam, sawi, wortel juga memiliki kandungan serat yang baik untuk kehamilan Moms. Pengolahan sumber serat harus Moms lakukan tepat. Usahakan untuk konsumsi buah, Moms langsung konsumsi setelah dicuci bersih. Konsumsi sayuran, Moms perlu mengukus sayuran agar serat tidak banyak yang hilang selama proses pengolahan. Moms juga dapat mengkonsumsi sayuran tanpa diolah sebagai lalapan. Bersihkan menggunakan air mengalir dan pastikan saat Moms konsumsi dalam keadaan yang bersih.

Makanan berserat yang Moms konsumsi juga perlu diberikan kepada bayi Moms. Bubur tim adalah makanan yang umum dikonsumsi bayi pada usia tiga bulan. Bayi Moms juga perlu cukup serat agar pencernaannya sehat.