Sediakan Makanan Sehat Padat Nutrisi Saat Bepergian Jauh Bersama Si Kecil!

Merries Insight
19 Agustus 2019
Tumbuh Kembang
Share
Sediakan Makanan Sehat Padat Nutrisi Saat Bepergian Jauh Bersama Si Kecil!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Pilih Ayam Panggang
  2. Biskuit Gandum Utuh
  3. Keripik Pisang
  4. Buah-buahan Segar
  5. Susu, Air Putih dan Makanan Pelengkap

Duduk selama lebih dari 6 jam di dalam kendaraan bukan hal yang mudah bagi Si Kecil. Apalagi saat rasa lapar mulai menyerang dan stok camilan sudah habis. Tidak jarang mereka akan mendadak jadi rewel dan mulai bertingkah karena rasa lapar yang sulit tertahankan.

Makanya Moms, sebelum melakukan perjalanan jauh bersama Si Kecil, siapkan dulu beberapa makanan padat nutrisi berikut ini, agar perjalanan jauh terasa menyenangkan karena perut yang selalu kenyang.

Pilih Ayam Panggang

Daging ayam merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan protein harian Si Kecil. Kelebihan lainnya, selain mudah didapat, daging ayam pun kaya akan zat besi, fosfor, selenium, magnesium dan berbagai nutrisi lainnya.

Nah agar lebih praktis saat membawanya, Moms sebaiknya mengolah daging ayam dengan cara dipanggang garing, bukan dengan cara digoreng, dan pilih sumber daging bagian paha, atau dadanya saja. Selain itu, sebaiknya ayam panggang disajikan dalam ukuran sekali santap.

Penelitian yang dilakukan tim dari University of Iowa, Amerika, menyebut jika ayam goreng memang punya usia simpan yang lebih lama, dan lebih pratis dijadikan bekal perjalanan. Tapi hati-hati, konsumsi ayam goreng bisa berbahaya bagi kesehatan, terutama karena kandungan lemak transnya yang tinggi.

Solusinya, mengolah ayam dengan cara dipanggang merupakan alternatif terbaik. Selain karena kandungan nutrisinya, ayam panggang cukup praktis, dan mampu menjaga perut Si Kecil kenyang lebih lama.

Biskuit Gandum Utuh

Makanan yang diolah dari gandum utuh, dinilai jauh lebih baik ketimbang makanan yang diolah dari tepung. Selain mengandung karbohidrat, gandum utuh pun tinggi serat, sehingga mampu menjaga perut Si Kecil tetap kenyang selama perjalanan.

Sama seperti ayam panggang, biskuit gandum utuh memiliki usia simpan yang cukup panjang, dan sangat praktis dibawa dalam perjalanan panjang. Kudapan lezat ini pun bisa dikonsumsi dengan tambahan selai kacang, atau tambahan saus cokelat sebagai cocolan.

Tapi hati-hati Moms, biskuit gandum yang beredar di pasaran kebanyakan mengandung gula tinggi, dan mungkin sudah mendapat campuran dari tepung terigu dan bahan-bahan lainnya.

Makanya, solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah, Moms wajib mengolah biskuit gandum utuh sendiri. Jika ingin memberikan sari manis pada biskuit tersebut, tinggal gunakan saja kayu manis bubuk sebagai pemanisnya. Selain itu, mengolah biskuit gandum utuh sendiri lebih hemat lho!

Keripik Pisang

Selain biskuit, saat bepergian rasanya tidak lengkap apabila kita tidak membawa camilan yang bernama keripik. Nah, salah satu keripik yang tidak hanya enak tapi punya banyak manfaat adalah keripik pisang. Pisang punya banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Di samping mengandung provitamin A berupa betakaroten, pisang juga mengandung tiamin, riboflavin dan niasin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Olahan pisang di negara kita pun sangat bermacam, mulai gorengan sampai keripik.  Banyak memang yang menjual keripik pisang saat ini, tapi agar nutrisinya lebih terjamin, Moms bisa mengolah sendiri keripik pisang di rumah. Resepnya? Bisa Moms cari dengan mudah di dunia maya.

Jangan lupa juga, untuk hanya memberikan keripik pisang pada Si Kecil yang sudah bisa mengunyah dengan baik ya Moms!

Buah-buahan Segar

Buah-buahan merupakan camilan sehat yang wajib dikonsumsi setiap hari. Selain kandungan air yang cukup tinggi, dan tinggi serat yang menyenangkan, buah-buahan pun mengandung sejumlah vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Selain itu, buah-buahan pun memiliki rasa yang manis dan bisa menyegarkan di tengah kepungan udara panas. Manfaat lainnya, buah-buahan kaya antioksidan, sehingga efektif menjauhkan Si Kecil dari risiko paparan radikal bebas selama perjalanan.

Ada banyak buah-buahan yang bisa dibawa sebagai bekal perjalanan. Yang paling praktis, Moms mungkin bisa memilih buah pisang, apel, jeruk, pir, stoberi, anggur,  atau buah-buahan lainnya yang sekiranya mudah dibawa, disimpan dan mudah dikonsumsi, tanpa harus mengupasnya.

Tapi ingat Moms, sebaiknya prioritaskan buah-buahan yang disukai Si Kecil. Jika ingin menambah variasi, Moms bisa membawa beberapa botol smoothies buah-buahan.

Susu, Air Putih dan Makanan Pelengkap

Kedua hal ini cukup penting Moms. Susu merupakan sumber kalsium, protein, dan nutrisi lainnya yang baik untuk menjaga perut Si Kecil tetap kenyang lebih lama, sehingga menurunkan risiko rewel karena lapar selama perjalanan. Selain itu, susu pun umumnya disukai anak-anak.

Sedangkan air putih, merupakan kebutuhan pokok untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Agar lebih praktis, sajikan susu dan air putih dalam kemasan yang mudah dibuka. Misalnya, susu UHT dalam kemasan karton, atau air mineral dalam kemasan botol ukuran besar.

Untuk makanan pelengkap, Moms bisa memilih beberapa camilan lezat, seperti kacang panggang, umbi-umbian panggang, keripik panggang dan lainnya. Dengan persiapan yang matang, yakin selama perjalanan Si Kecil tidak akan rewel karena lapar yang menyerang.