Seberapa Seringkah Moms Harus Mensterilkan Mainan Bayi?

Seberapa Seringkah Moms Harus Mensterilkan Mainan Bayi?

Membelikan dan memberikan mainan untuk Si Kecil seperti sudah merupakan hal wajib yang harus Moms lakukan. Memang, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh Si Kecil dari mainan-mainan ini. Untuk Si Kecil yang berusia dibawah lima tahun, ada banyak mainan yang dapat merangsang pertumbuhan gigi, membantu perkembangan gerakan mereka dan lain sebagainya. Dan, banyak pula mainan-mainan lain yang dapat membantu Si Kecil.

Namun, mainan yang sangat bermanfaat ini juga dapat menjadi sumber masalah karena dapat menjadi tempat berkumpulnya penyakit dan bakteri. Lalu, solusi yang paling manjur untuk hal ini adalah dengan membersihkannya. Tetapi, seberapa seringkah Mom harus membersihkan dan mensterilkan mainan Si Kecil?

Sebenarnya untuk mengetahui berapa sering Moms harus mensterilkan mainan Si Kecil adalah dengan melihat kondisi. Bila Si Kecil memiliki penyakit atau kelainan tertentu yang mengharuskannya bebas dari debu dan kotoran sama sekali, maka Moms wajib melakukan sterilisasi mainan Si Kecil sesering mungkin, setidaknya 2 atau 3 hari sekali.

Namun, ada juga beberapa orang tua yang tidak terlalu mengkhawatirkan mengenai hal ini. Mereka bahkan tidak melakukan sterilisasi pada mainan Si Kecil buah hati mereka. Hal ini sebenarnya juga tidak salah. Dengan membiarkan Si Kecil berinteraksi dengan dunia dan lingkungannya, maka sistem kekebalan mereka juga akan terlatih dan terbentuk menjadi lebih kuat.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah kondisi saat Si Kecil memainkan mainannya. Biasanya, mereka muntah atau ngompol yang mengenai mainan mereka. Bila hal ini terjadi, maka Moms harus segera membersihkannya dan melakukan sterilisasi.

Untuk melakukan sterilisasi, sebaiknya Moms membedakannya berdasarkan bahan mainan Si Kecil. Biasanya, pada kemasan mainan Si Kecil ada petunjuk mengenai cara membersihkan mainan tersebut dengan benar. Jadi, Moms jangan langsung membuat bungkus tersebut dan simpan. Atau, gunting petunjuk cara membersihkan untuk lebih mudah menyimpannya.

Baca Juga

Seberapa Besar Pengaruh Tontonan TV Pada Perilaku Si Kecil?

Trik Memberikan Mainan untuk Bayi 2 Bulan

Mainan-mainan Ini Bisa Merangsang Sensorik Si Kecil

Moms juga sebaiknya jangan menggunakan bahan-bahan pembersih kimia keras. Gunakan bahan-bahan alami yang aman untuk kesehatan Si Kecil. Atau, gunakan produk sabun khusus yang memang dibuat untuk kebutuhan sterilisasi mainan Si Kecil.

Tetapi, untuk mainan yang mempunyai komponen elektronik di dalamnya, seperti ada lampu yang dapat menyala, sebaiknya berhati-hati agar tidak merusak komponen tersebut. Konsultasi dengan Dads yang mungkin lebih tahu mengenai hal-hal berbau elektronik seperti ini. Dengan cara ini, maka Si Kecil dapat senang bermain dan aman dari masalah kesehatan.