Rokok Perkecil Peluang Hamil (Lagi)

Merries Insight
20 November 2014
Umum
Share
Rokok Perkecil Peluang Hamil (Lagi)

Apakah Moms memiliki kebiasaan buruk merokok? Apakah Moms dalam waktu dekat ingin hamil lagi? Jika ya, cukup diragukan karena peluang Moms untuk hamil lagi sebenarnya lebih kecil daripada Moms lainnya yang tidak memiliki kebiasaan merokok. Seberapa tua usia Moms saat ini, bila Moms sering merokok, maka Moms sebenarnya telah mengurangi peluang Moms sendiri untuk hamil anak kedua atau seterusnya. Seperti yang telah diketahui rokok tidak baik untuk kesehatan. Rokok mengandung banyak zat berbahaya yang dapat menghambat proses kehamilan, salah satunya adalah kandungan nikotin.

Nikotin yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya akan menurunkan kualitas dari indung telur tetapi juga akan mengurangi persediaan sel telur yang Moms miliki. Selain itu, kebiasaan merokok juga membuat seorang wanita lebih cepat mengalami menopause yang berarti menutup pintu kesuburan Moms sebagai seorang wanita.

Tetapi bila Moms mau menghentikan kebiasaan buruk merokok mulai saat ini juga, maka Moms masih dapat menjaga kesuburan dalam diri Moms untuk bisa hamil lagi. Memang hal ini bukan sesuatu yang mudah dan tidak bisa langsung terjadi begitu saja. Setidaknya butuh waktu hingga beberapa bulan secara bertahap setelah Moms menghentikan kebiasaan buruk ini, tubuh Moms dapat terbebas dulu dari berbagai racun yang terkandung di dalam rokok.

Peluang kecil hamil lagi bagi wanita perokok tidak hanya untuk yang merokok secara aktif. Perokok pasif pun ternyata juga memiliki tingkat resiko yang sama dengan perokok aktif. Berdasarkan sebuah penelitian, perempuan-perempuan yang terpapar oleh asap rokok dimanapun entah di kantor, tempat umum bahkan di rumah cenderung 1 tahun lebih lama untuk mendapatkan kehamilan daripada para perempuan yang lebih sedikit atau bahkan tidak terpapar asap rokok sama sekali.

Jadi, jika saat ini Moms berencana untuk mempunyai anak kedua dan ingin segera mendapatkan kehamilan, maka usahakan segera menghentikan kebiasaan merokok. Jika hal ini dirasa sangat sulit, cobalah lakukan secara bertahap. Memang Moms semua itu perlu pengorbanan demi kehamilan dan buah hati yang sehat. Jika sudah berhasil hamil lagi, selama hamil juga jangan kembali merokok karena rokok dapat berbahaya untuk janin