Resep Cinamon Roll Super Gampang

Merries Insight
19 Januari 2016
Kesehatan
Share
Resep Cinamon Roll Super Gampang

Hallo Moms, apa kabar? Kabar baik kan Moms pastinya. Tahukah Moms ternyata cake ini lagi hits di Indonesia setelah kemarin ada rainbow cake, Korean cake buttercream (flowers cake), bolu Jerman dan sekarang ini cinamon roll cake. Saking populernya Moms, para pengusaha cake pun mulai berburu resep cinamon roll dan kemudian mereka memodifikasi isiannya.

Moms, jika kita lihat di berbagai toko bakery, sekarang ini sudah banyak yang menjajaan cake ini dengan berbagai varian isi. Berbicara tentang resep cinamon roll, ternyata roti tersebut memiliki rasa manis, bertekstur lembut dan mempunyai bau kayu manis yang menjadi ciri khasnya. Tak ayal ni Moms cinamon roll banyak sekali penggemarnya.

Jika Moms mau, Moms bisa lho membuat cinamon roll sendiri di rumah. Terus gimana caranya bisa bikin sendiri kalau gak tau resep cinamon roll? Tenang Moms, jika Moms ingin mencoba untuk membuatnya, kami akan membagikan resep cinamon roll ini buat Moms dan pastinya gampang banget kok buat dipraktekkan di rumah.

Ok Moms langsung saja ya biar nggak tambah penasaran lagi, berikut ini ada resep cinamon roll original, Moms bisa berkreasi sendiri untuk isiannya. Yuk Moms intip apa saja bahan dasarnya sebagaimana berikut ini:

  1. 20 gram susu bubuk
  2. ½ sendok teh garam
  3. 25 gram gula pasir
  4. 1 sendok teh ragi instan
  5. 400 gram tepung terigu protein tinggi
  6. 75 gram mentega
  7. 200 cc air putih
  8. 1 butir telur

Adapun bahan yang dibutuhkan untuk isian resep cinamon roll antara lain:

  1. Gula palem
  2. Mentega cair
  3. Kacang-kacangan atau raisin
  4. Bubuk kayu manis

Setelah kita tahu apa aja bahan-bahannya nih Moms, selanjutnya ialah cara pembuatan resep cinamon roll. Supaya hasilnya maksimal, perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini, Moms:

  1. Ambil sebuah wadah besar, masukkan gula pasir, tepung terigu, ragi instan, garam, dan susu bubuk. Aduk semua bahan hingga benar-benar tercampur.
  2. Tambahkan mentega, telur, serta sedikit air. Campur semua bahan hingga merata. Jika adonan dirasa masih kering, Moms bisa menambahkan air ke dalam adonan.
  3. Uleni adonan tadi hingga kalis, lakukan selama 10 – 15 menit.
  4. Kalau dirasa adonan sudah kalis, bentuk adonan menjadi bulat dan tempatkan di wadah tadi. Jangan lupa untuk menutup adonan menggunakan plastik folie. Tunggulah hingga adonannya mengembang.
  5. Bagi adonan itu menjadi dua bagian yang sama. Untuk sementara, taruh salah satu bagian dari adonan tadi ke wadah dan sebelumnya sudah ditaburi tepung terigu.
  6. Gilas satu bagian yang tersisa hingga ketebalannya hanya mencapai 1 cm saja.
  7. Kemudian berikan isiannya. Caranya dengan mengolesi mentega cair terlebih dahulu di bagian tengah, beri taburan gula palem, bubuk kayu manis, kacang-kacangan atau raisin secara memanjang.
  8. Apabila semua isian dirasa sudah cukup, gulung adonan tersebut seperti menggulung sushi. Lalu potong adonan menjadi 6 bagian dan diamkan potongan tadi selama 10 – 15 menit biar adonan mengembang.
  9. Oven adonan roti sekitar 12 – 15 menit dengan suhu 200OC
  10. Kalau sudah matang, ambil roti tadi dan olesi mentega cair di bagian atasnya.
  11. Ulangi langkah ke empat hingga langkah ke sembilan untuk adonan sisanya.

Nah Moms, sekarang sudah tahu kan resep cinamon roll dan mudah bukan cara membuatnya. Moms juga bsa lho mengkreasikan isinya semisal dengan selai, keju, maupun coklat sesuai dengan keinginan. Moms, roti yang satu ini paling cocok jika disandingkan dengan segelas teh hangat.