Rambut Si Kecil Perlu Dicukur Agar Tumbuh Lebat, Benarkah?

Merries Insight
13 Mei 2016
Umum
Share
Rambut Si Kecil Perlu Dicukur Agar Tumbuh Lebat, Benarkah?

Banyak orang tua yang masih percaya jika mencukur rambut si kecil akan membuatnya lebih lebat dan cepat panjang. Bahkan ada yang lebih parah lagi lho Moms, mencukur rambut bayi itu sama dengan buang sial lho! Waduh, ada-ada saja sih!

Tapi apakah benar mencukur rambut bayi bisa menyebabkannya cepat tumbuh lambat?

Sebenarnya, mencukur rambut bayi agar rambutnya tumbuh lebat dan cepat panjang merupakan mitos saja. Pasalnya, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang berhasil membuktikannya. Justru sebaliknya, faktor ketebalan dan pertumbuhan rambut, disebabkan karena beberapa faktor, termasuk faktor genetik.

Seperti dilansir dalam theasianparent, setiap anak sebenarnya terlahir dengan membawa genetika warisan orangtuanya. Dengan kata lain, rambut si kecil akan mengikuti rambut anda, ayahnya, atau anggota keluarga lainnya dalam garis keturunan yang sama.

Selain faktor genetik, pertumbuhan rambut pun disebabkan karena masalah asupan gizi, penyakit, pertumbuhan hormon, perawatan dan kebiasaan. Misalnya, jika si kecil menderita kekurangan gizi, otomatis warna rambutnya akan berubah merah dan lebih mudah patah.

Selain itu, ada juga anak yang terlahir dengan rambut lebat dan tebal, tapi seiring perjalanan waktu, rambut si kecil malah berubah jadi lebih tipis. Untuk yang satu ini, selain karena faktor makanan, bisa juga disebabkan karena perubahan hormon androgen yang menghilang seiring bertambahnya usia si kecil.

Bukan Untuk Mempertebal Rambut

Seiring dengan berkembangnya informasi, akhirnya banyak orang tua yang mulai memahami mitos ini. Sehingga mereka lebih memahami proses mencukur karena rambut si kecil sudah terlihat berwarna kemerahan atau munculnya biang keringat karena faktor kegerahan.

Selain itu, banyak orang tua yang mulai memahami jika rambut yang dimiliki bayi ketika baru dilahirkan merupakan rambut velus, dimana rambut ini tidak akan lama bersama si kecil. Ketika rambut ini sudah rontok, maka rambut baru pun akan mulai berdatangan.

Nah Moms, disaat inilah anda wajib memberikan asupan nutrisi yang baik, untuk menunjang pertumbuahan rambutnya, terutama makanan yang mengandung kalsium, protein, vitamin, zat besi dan nutrisi pendunjang pertumbuhan lainnya.

So, apakah anda masih percaya dengan mitos memotong rambut si kecil bisa menyebabkan tumbuh lebih lebat dan subur?