Rahim Sakit Saat Hamil? Ini Penyebabnya

Merries Insight
23 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
Rahim Sakit Saat Hamil? Ini Penyebabnya

Pertumbuhan dan perkembangan calon bayi perlu diperhatikan saat Moms sedang mengandung. Begitu juga kesehatan Moms yang mengandung calon bayi. Memasuki minggu pertama, Moms merasakan perubahan dalam diri seperti pertambahan berat badan Salah satu keluhan yang biasa dialami Moms saat hamil adalah sakit pada rahim.

Perhatikan berikut adalah penyebab rahim Moms terasa sakit saat hamil.

1. Trimester Awal

Menurut William Sears tercantum pada buku berjudul The Pregnancy Book, dari salah satu media menyebutkan Moms saat hamil trimester awal. Keluhan rasa nyeri perut menjadi gejala biasa. Termasuk kram perut menjadi keluhan trimester awal. Menghadapi keluhan trimester awal kehamilan, Moms tidak boleh panik. Moms harus rileks agar nyeri maupun kram yang terjadi tidak berdampak buruk kesehatan rahim.

2. Pergeseran Letak Janin

Rasa sakit yang menyerang rahim Moms dapat dikarenakan letak janin yang bergeser. Bukan janin yang tumbuh besar melainkan tidak berada pada letak yang tepat di rahim. Janin di dalam kandungan Moms bergeser dan dirasakan oleh Moms, akan membuat rahim terasa sakit. Sebaiknya Moms segera periksa kondisi kehamilan ke dokter kandungan.

3. Kontraksi Ringan

Kehamilan akan membuat Moms merasakan kontraksi ringan. Kontraksi akan semakin terasa memasuki minggu keenam sampai ketujuh kehamilan. Otot rahim menegang atau kontraksi menjadi keluhan biasa pada Moms saat hamil. Kurun waktu kontraksi tidak hanya sekali saja. Jarak tiga sampai lima kali dalam beberapa menit akan Moms rasakan. Kondisi rileks kembali harus dilakukan oleh Moms. Untuk meminimalisir rasa nyeri rahim akibat kontraksi yang terjadi.

  1. Peningkatan Aliran Darah

Sistem metabolisme Moms saat hamil berpengaruh pada aliran darah. Saat hamil, aliran darah di dalam tubuh Moms akan mengalami peningkatan. Kemudian berpengaruh di daerah otot rahim yang tegang. Moms mudah merasa sensitif atau tersinggung. Berdampak pada rasa nyeri daerah rahim Moms.

Sikap tepat Moms saat merasakan sakit di rahim adalah tenang dan rileks. Tubuh yang relaksasi lebih cepat meredakan rasa nyeri rahim. Kesehatan Moms dan calon bayi sama-sama terjaga baik.