Pure Naga Jambu Biji, Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi Bayi

Merries Insight
02 Juni 2016
Umum
Share
Pure Naga Jambu Biji, Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi Bayi

Tahukan Moms, buah naga ternyata sangat baik lho untuk kesehatan gigi dan tulang si kecil. Tidak ada salahnya jika Moms mencoba membuat makanan pendamping ASI berupa pure buah naga. Buah naga juga dapat dikombinasikan dengan buah lainnya seperti jambu biji. Moms dapat menggunakan buah naga merah atau putih. Baik naga merah maupun putih sama – sama mengandung kalsium, vitamin B, vitamin C, serat, zat besi, fosfor, dan juga antioksidan.

Manfaat dari buah naga tersebut dapat diperoleh melalui berbagai resep makanan untuk pendamping ASI yang lezat, mudah dan juga bergizi. Salah satunya adalah mencoba membuat puree buah naga yang dicampur dengan jambu biji merah. Puree tersebut dapat diberikan untuk si kecil mulai dari usia 6 bulan hingga 9 bulan. Untuk membuatnya, Moms dapat mencoba resep berikut ini.

Bahan :

  • 50 gr buah naga merah
  • 50 gr jambu biji merah, buang bijinya
  • 100 ml ASI perah atau susu formula

Cara Membuat :

  • Masukkan 50 gram jambu biji merah yang telah dibuang bijinya dan 50 gr buah naga merah ke dalam blender. Blender sampai lembut kemudian angkat.
  • Tuangkan 100 ml ASI perah atau susu formula ke dalam campuran jambu biji dan buah naga merah tersebut. Aduk sampai rata dan siap untuk diberikan pada si kecil.

Bagaimana Moms, mudah sekali bukan cara membuat puree buah naga merah dan jambu biji merah. Moms sebenarnya dapat berkreasi dengan mengombinasikan jenis buah lainnya lho seperti pisang, apel, pepaya, atau alpukat. Dalam pure buah naga tersebut terdapat kandungan energi sebesar 62,75 kkal, protein 1,03 gr, lemak 2,88 gr, dan karbohidrat 6,45 gr.

Moms dapat menyertakan buah naga untuk berbagai makanan pendamping ASI lainnya untuk membiasakan si kecil menikmati rasa buah. Jadi Moms, manfaat memberikan puree tersebut tidak hanya sekedar melihat dari nutrisi yang dikandung oleh buah tersebut tetapi juga dapat menjadi proses untuk memperkenalkan dan membiasakan si kecil terhadap rasa buah – buahan. Sebagai hasilnya, si kecil akan menyukai buah-buahan saat ia besar nanti. Untuk si kecil yang usianya lebih besar, Moms nanti dapat membuat pudding buah naga yang tidak kalah lezat.

Namun untuk saat ini mengingat usia si kecil yang masih di bawah 9 bulan, sebaiknya berikan puree buah naga tersebut dengan tekstur yang lembut agar mudah dicerna. Supaya lebih sehat, gunakan buah-buahan yang organik karena bebas dari bahan kimia dan jauh lebih sehat.