Pertolongan Pertama Saat Si Kecil yang Masih Bayi Kejang

Pertolongan Pertama Saat Si Kecil yang Masih Bayi Kejang

Tidak terbayangkan rasanya jika Moms melihat Si Kecil tiba-tiba kejang. Kejang lebih dikenal dengan istilah step. Biasanya, sebelum kejang Si Kecil akan mengalami demam dengan suhu tubuh yang sangat tinggi. Saat suhu tubuh sudah sangat panas, Si Kecil akan tersentak dan tubuhnya kaku. Bola mata Si Kecil juga akan berputar. Bahkan, pada tahapan yang parah, Si Kecil akan seperti tidak bernafas kemudian mengeluarkan air liur dan muntah. Jika tidak diberikan pertolongan pertama, maka akan terjadi resiko kerusakan otak. Lalu, apa yang harus Moms lakukan saat Si Kecil mengalami kejang?

Pertolongan pertama yang bisa Moms lakukan adalah melonggarkan semua pakaian Si Kecil. Hal ini sangat penting agar Si Kecil mendapatkan oksigen yang cukup agar tidak terjadi gangguan pernafasan. Setelah itu, Moms bisa memindahkan semua benda-benda di sekitar tempat tidur Si Kecil agar tidak membahayakan. Jika Si Kecil mengalami tahapan muntah atau mengeluarkan air liur, maka Moms harus segera memiringkan kepalanya ke arah kanan atau kiri. Dengan melakukan cara sederhana ini, muntahan atau air liur bisa mengalir keluar dari mulut Si Kecil. Saat muntahan atau air liur keluar maka risiko terjadinya tersedak menjadi sangat kecil. Satu hal lagi yang perlu diingat adalah tidak perlu memasukkan benda seperti sendok ataupun kopi ke dalam mulut Si Kecil. Justru dengan memasukkan sendok atau kopi ke dalam mulut, risiko tersedak dan gangguan pernafasan menjadi semakin besar. Akan lebih baik jika merebahkan Si Kecil di tempat tidur atau lantai ketimbang menggendongnya. Jika kejang sudah selesai, maka Moms bisa memberikan obat penurun panas atau mengompres Si Kecil dengan air agar lebih nyaman.

Perlu diingat bahwa pertolongan yang dijelaskan di atas hanyalah pertolongan pertama. Saat kejang mulai reda bukan berarti Si Kecil tidak memerlukan pertolongan lanjutan. Untuk itu, saat kejang sudah reda, ada baiknya Moms segera membawa Si Kecil ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh kepada Si Kecil sehingga kondisi kesehatannya bisa terpantau. Biasanya, dokter juga akan memberikan resep obat yang harus dikonsumsi oleh Si Kecil agar panas atau demamnya cepat turun. Intinya, jangan meremehkan demam yang dialami oleh Si Kecil. Jika suhu tubuh Si Kecil naik dalam beberapa jam, maka cobalah mengompres atau memeriksakan kondisinya ke dokter sebelum kejang terjadi. Semoga informasi ini membantu Moms untuk menangani Si Kecil yang terserang demam dan kejang.