Pertolongan Pertama Jika Si Kecil Tak Sengaja Menelan Zat Kimia Berbahaya

Merries Insight
16 Januari 2016
Kesehatan
Share
Pertolongan Pertama Jika Si Kecil Tak Sengaja Menelan Zat Kimia Berbahaya

Namanya juga anak-anak, biasanya menelan apa apa yang dianggapnya menarik. Sudah menjadi kewajiban Moms untuk selalu memperhatikannya agar si kecil selalu aman dari hal-hal yang berbahaya. Karena Moms juga memiliki kesibukan yang lain, kadang juga sedikit lalai mengawasi si kecil. Terkadang karena keingintahuannya ia mencoba menelan atau memakan sesuatu yang tidak seharusnya dikonsumsinya. Bahayanya jika ia menelan zat kimia yang berbahaya.

Zat kimia berbahaya adalah sesuatu yang dikhawatirkan banyak Moms yang bisa masuk ke tubuh si kecil. Pasalnya, anak-anak suka memasukkan apa saja ke mulut. Kalau si kecil menelan zat kimia berbahaya segeralah lakukan hal yang tepat dan cepat. Hal-hal yang haru Moms lakukan adalah sebagai berikut:

Kenali Apa yang Tertelan

Zat kimia berbahaya itu banyak, maka pastikan apa yang ditelan si kecil. Kalau zat tersebut masih sifatnya bisa dihilangkan dengan air, suruh si kecil menelan air banyak atau dengan berkumur air. Air bisa menetralkan apa yang menjadi sakitnya si kecil.

Baca Juga : Cara Tepat Memakaikan Popok Bayi Baru Lahir

Kalau bahaya, ada baiknya si kecil dibantu untuk memuntahkannya agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Cara ini adalah untuk mempercepat penyelamatan untuk si kecil.

Bantu Si Kecil Memuntahkan

Zat kimia berbahaya adalah hal yang sangat bahaya. Moms yang tahu hal tersebut harus membantu si kecil memuntahkan. Tekan tekuknya secara hati-hati dan perlahan. Namun Moms juga harus ingat si kecil sudah bisa untuk mengeluarkan zat kimia berbahaya tersebut.

Membantu Mengambil Dengan Jari

Kadang zat kimia berbahaya bisa menyumbat tenggorokan si kecil. Nah untuk mengatasi hal tersebut Moms bisa untuk membantunya dengan mengambilnya dengan jari. Hati-hati dalam melakukan cara tersebut. Tepuk-tepuk tulang belikat si kecil agar zat kimia berbahaya bisa terangkat.

Membawa ke Dokter Terdekat

Agar bisa terselamatkan kesehatan si kecil, akan lebih baik membawa ke dokter terdekat. Zat kimia berbahaya bisa diatasi oleh tim medis yang tentunya memiliki banyak pengalaman. Ini adalah hal yang wajib untuk dilakukan Moms saat si kecil menelan benda atau sesuatu yang berbahaya.

Baca Juga : Deteksi Masalah Tumbuh Kembang Bayi Sejak Dini

Beri Air Kelapa

Sudah sejak lama, air kelapa adalah penawar racun yang ampuh. Berikan air kelapa agar racun yang tertelan menjadi sebuah kotoran yang keluar. Selain itu ada baiknya selalu sedia air kelapa untuk hal yang tak terduga.

Kesimpulannya, banyak hal yang bisa untuk Moms lakukan agar zat kimia berbahaya tak membahayakan si kecil. Pertolongan pertama adalah suatu hal yang harus diprioritaskan. Jagalah buah hati selalu agar terhindar dari hal yang buruk.