Persiapan-Persiapan Kehamilan Kedua

Merries Insight
24 Agustus 2014
Umum
Share
Persiapan-Persiapan Kehamilan Kedua

Mungkin Moms merasa kini sudah saatnya memberi Kakak seorang adik. Jika memang demikian, Moms wajib menyimak info penting seputar persiapan-persiapan kehamilan kedua agar nantinya semua berjalan dengan baik. kira-kira apa saja persiapan-persiapannya? Berikut infonya untuk anda.

  • Aturlah jarak kehamilan

Hampir semua dokter spesialis kandungan di dunia mengatakan bahwa jarak masa kehamilan yang aman antara anak pertama dan kehamilan kedua adalah 27 hingga 32 bulan. Dengan memperhatikan jarak kehamilan ini, kondisi kesehatan janin dan ibunya dijamin baik. Khusus Moms yang sebelumnya menjalani proses persalinan secara caesar dan Moms ingin menimang anak kedua dalam waktu dekat, sebaiknya Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan. Tujuannya agar kelak Moms tidak mengalami suatu kendala apapun saat sedang menjalani persalinan.

  • Lepaskan alat kontrasepsi

Bagi Moms yang memakai alat kontrasepsi jenis apapun, lepas alat kontrasepsi terlebih dahulu beberapa bulan sebelum Moms memutuskan untuk hamil kembali. Usai dilepasnya alat kontrasepsi, siklus menstruasi akan kembali normal seperti semula.

  • Lakukan pemeriksaan pra-kehamilan

Untuk menyambut kehamilan yang kedua, penting bagi Moms untuk rutin memeriksakan kesehatan anda. Bila perlu lakukan tes ginekologi dan tes laboratorium untuk memastikan bahwa tubuh Moms benar-benar sehat.

  • Persiapkan mental/ psikologis si Kakak (anak pertama)

Sangat penting juga bagi Moms untuk mempersiapkan psikologi Kakak agar kelak saat si adik telah lahir, Kakak tidak merasa diabaikan. Sebaiknya beri perhatian keduanya secara adil dan tanamkan pengertian bahwa kasih sayang Moms dan ayah tidak akan pernah berubah pada Kakak.

  • Suplemen tambahan

Konsumsi suplemen tambahan seperti zat besi, asam folat, dan vitamin yang mana suplemen-suplemen ini sangat dibutuhkan baik untuk masa pra-kehamilan dan masa kehamilan.

Selama menjalani masa kehamilan kedua, Moms juga perlu mempersiapkan lagi segala kebutuhan si kecil, salah satunya adalah popok bayi. Pastikan Moms siap sedia popok bayi Merries yang terbukti anti bocor dan bertekstur lembut dan halus. Dijamin akan membuat bayi Moms nyaman sepanjang waktu.