Persiapan Menyapih Bayi

Merries Insight
17 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
Persiapan Menyapih Bayi

Tidak sedikit mama yang menunda menyapih buah hatinya. Moms mungkin merasa bahwa menyapih bayi untuk menggunakan gelas akan memerlukan waktu lama dan tidak jarang si kecil akan membuat berantakan dan membuang – buang makanan. Padahal dengan melakukan transisi yang awalnya menggunakan botol hingga minum menggunakan gelas, si kecil akan belajar makan makanan yang keras dan menstimulasikan perkembangan gerakan tangannya dan meningkatkan interaksi serta komunikasi saat makan.

Lantas, kapan bayi sebaiknya mulai disapih? Bayi secara ideal bayi sudah mulai diperkenalkan dengan gelas ketika usia 6 bulan. Tetapi Moms juga harus melihat tanda – tanda bahwa anak sudah siap untuk disapih seperti menolak saat disusui atau kadang berhenti menyusu ketika sedang disusui, mudah terdistraksi ketika sedang menyusui, dan terlihat mulai tertarik minum menggunakan gelas.

Setelah buah hati Moms mulai memperlihatkan tanda – tanda ketertarikan minum dengan gelas, maka sebaiknya Moms mulai menerapkan rutinitas baru supaya si kecil terbiasa menggunakan gelas. Rutinitas ini dapat dengan meletakkan ASI atau susu formula ke dalam gelas, memberikan minuman yang disukai si kecil di dalam gelas, tidak memberi minum dengan botol setiap 5 hari, dan jika bayi sudah cukup usia untuk memperlihatkan hal yang ia sukai, biarkan dia memilih gelas mana yang akan digunakan untuk minum.

Bila si kecil masih sulit membiasakan rutinitas ini, Moms dapat mencoba beberapa tips yang lain. Pertama, lanjutkan kegiatan menyusui atau susu botol tetapi sesi menyusui dipersingkat dari biasanya. Tawari si kecil untuk minum menggunakan gelas. Jangan biarkan bayi tidur atau berjalan masih membawa botol. Coba berikan gelas yang bermacam – macam. Terakhir, bila si kecil masih tetap tidak mau mencoba, beri si kecil makanan keras sebelum ia mencoba menggunakan gelas lagi.

Ada hal – hal yang masih dapat ditoleransi jika dilakukan ketika menyapih seperti tetap memberi ASI atau botol ketika si kecil sakit, bayi minum lebih sedikit dibandingkan saat minum dengan botol, dan tidak masalah jika dalam satu hari bayi disapih juga tetap diberi susu botol. Tetapi perlu diingat ya Moms mulai menyapih jika Moms sedang sibuk karena penyapihan memerlukan ketelatenan dan waktu yang ekstra.

Baca Juga

Berbagai Persiapan Anak untuk Homeschooling

Persiapan Mental untuk Program Bayi Tabung

5 Persiapan Penting Sebelum Anak Masuk TK