Permainan yang Bisa Menstimulasi Fisik Si Kecil

Merries Insight
10 Januari 2016
Umum
Share
Permainan yang Bisa Menstimulasi Fisik Si Kecil

Moms, begitu banyak jenis permainan yang dapat dimainkan oleh si kecil. Karena fasilitas di era sekarang sudah berbeda dengan zaman dulu. Sekarang, lebih banyak media-media yang digunakan untuk menjadi alat permainan si kecil. Tetapi Moms harus menyeleksi jenis permainan yang dimainkan oleh si kecil.

Pilihlah jenis permainan yang berefek baik bagi perkembangan fisiknya. Permainan yang menstimulasi fisik dapat memberikan kebaikan bagi tubuh si kecil terutama bagian fisik dan motoriknya. Permainan yang menstimulasi fisik terdiri dari beberapa macam Moms, di antaranya:

Bermain sepak bola

Permainan berikut ini cukup sering dilakukan oleh si kecil. Dengan melakukan permainan ini akan sama saja seperti sedang berolahraga. Dalam bermain sepak bola, tentunya ia melakukan lari-lari kecil, sembari kakinya menggiring bola dan diarahkan ke gawang. Ia akan berlatih fokus dan otot-ototnya juga akan ikut bergerak.

Berjalan cepat

Permainan yang menstimulasi fisik ini dapat Moms jadikan inovasi untuk dimainkan bersama si kecil. Ajak si kecil adu balap jalan cepat, tetapi tidak hanya berjalan saja Moms, melainkan dengan kedua tangan membawa ember kecil yang berisi air penuh. Dalam membawanya tidak boleh tumpah tetapi juga harus berjalan secara cepat.

Meniru gerakan binatang

Moms juga dapat melakukan permainan yang menstimulasi fisik si kecil lainnya dengan meniru gerakan dari binatang. Misalnya hewan unta, ajari si kecil melakukan gerakan membungkuk dan posisi tangan serta kaki lurus ke bawah, kemudian melakukan gerakan laksana onta berjalan. Pasti si kecil akan sangat menyukainya Moms.

Menari

Nah Moms, permainan yang menstimulasi fisik ini dapat Moms lakukan bersama si kecil. Caranya cukup mudah, putarkan sebuah musik yang cocok dengan gerakan menari yang akan Moms ajarkan. Jika menari balet yang dipilih, maka carilah musik atau lagu yang mendukung, ajak si kecil jinjit, berputar, melompat dan menggerakkan seluruh kaki dan tangan.

Lompat tali

Yang satu ini bisa Moms ajarkan terlebih dulu pada si kecil. Katakan bahwa ketika tali berada di bawah, maka ia harus melompat dan jika kakinya terkena tali maka ia harus mengulanginya. Untuk menambah semangatnya, Moms bisa membantunya dengan mengucapkan, “satu..dua..tiga.. hap lompat.. hap lompat”

Bagaimana Moms? Seru bukan aneka permainan yang menstimulasi fisik si kecil? Kini Moms dapat mencobanya bersama si kecil. Permainan ini tergolong ke dalam jenis permainan yang mengasyikan tetapi juga baik bagi perkembangan fisik si kecil Moms. Pastikan si kecil senang melakukannya dan terus motivasinya untuk ingin melakukan permainan-permainan tersebut.

Umumnya si kecil memang mudah bosan dengan permainan yang ia lakukan. Tapi, semua tergantung cara Moms untuk mengantisipasi kebosanannya tersebut. Terus semangat ya Moms.