Peranan Seorang Ayah Saat Akan Menentukan Adopsi Anak

Merries Insight
10 Januari 2016
Umum
Share
Peranan Seorang Ayah Saat Akan Menentukan Adopsi Anak

Dads, kehadiran seorang anak pastinya menjadi keinginan bagi setiap pasangan. Khususnya bagi pasangan yang sudah menikah dan juga sudah menjalin rumah tangga hingga bertahun-tahun. Namun, ada juga mereka yang sudah menikah selama bertahun-tahun, tetapi belum dikaruniai momongan dan telah menginginkan kehadiran seorang anak.

Biasanya, pasangan yang mengalami hal ini akan mempertimbangkan untuk mengadopsi anak, dengan tujuan utama ingin melengkapi kebahagiaan dengan adanya kehadiran seorang anak. Perlu diketahui Dads, semua itu tidak menjadi masalah kok. Namun, ada 5 hal yang perlu dipertimbangkan saat mengadopsi anak seperti berikut.

Pelajari semuanya

Sebelum melakukan adopsi anak, jangan lupa baca buku, majalah, dan juga referensi yang lainnya yang khusus membahas tentang cara mengadopsi anak, suka dukanya dan proses hukumnya terutama. Oya Dads, memang akan sangat membantu jika bertemu dengan pasangan yang memang sudah pernah mengadopsi anak dan sharing dengan mereka. Dads bisa mencari info sebanyak-banyaknya dari situ seputar tentang adopsi anak.

Cari yang professional dan juga terpercaya

Demi keamanan dari proses adopsi, maka yang harus diperhatikan adalah mencari lembaga ataupun di yayasan panti asuhan yang memang terpercaya. Carilah referensi sebanyak-banyaknya tentang lembaga itu sebelum memutuskan mengadopsi anak di lembaga tersebut. Dads juga harus bersama dengan pengacara guna melegalisasi adopsi.

Siap untuk menjadi orang tua

Di saat Dads sudah memutuskan untuk melakukan adopsi, maka Dads harus bisa menyiapkan diri yaitu dapat menjadi orangtuanya. Ini memang mencangkup hal banyak, yaitu mulai dari persiapan finansial atau untuk kebutuhan si anak, fisik, stamina tubuh dalam merawat anak dan pastinya mental dalam mendidik anak agar menjadi pribadi baik.

Ingat ya Dads, memang anak yang nantinya dibesarkan itu bukanlah anak kandung, namun jangan sampai terus terbayang dengan kata adopsi, apalagi jika nantinya ada seseorang yang membicarakan tentang anak. Selalu usahakan selalu memberikan kasih sayang dan perhatian layaknya anak kandung ya Dads.

Mengetahui latar belakangnya

Sangat penting juga bagi Dads, mengetahui latar belakang dari calon anak yang akan diadopsi. Baik dari segi sosial, emosional dan juga kesehatannya. Jika memang si anak masih memiliki keluarga ataupun orang tua kandung, maka tetap jalin silaturrahim dengan mereka untuk mengetahui kehidupan si anak sebelum dia diadopsi.

Dari hal itulah, akan membantu para Dadsy dalam mendidik dan juga menghadapi si anak. Oya Dads, Pastikan juga tetap dalam persetujuan dari para walinya atau dari keluarga kandung si anak.

Bukanlah anak yang sempurna

Ingat ya Dads, dengan mengadopsi anak bukan berarti hanya ingin memuaskan suatu keinginan dari orang tua saja. Namun, harus tetap diingat bahwa anak adalah bagian dari keluarga Dads, jadi tetap harus bisa menahan egonya dan juga harus menjalankan tugas yaitu sebagai orang tuanya yang ikhlas dengan apapun keadaan dia.

Anak adalah asset masa depan yang harus dijaga dan dididik menjadi generasi yang berkualitas meski anak tersebut bukan lahir dari pasangan Dads atau hadir berkat proses mengadopsi anak.