Peralihan Gigi Susu Jadi Gigi Tetap

Merries Insight
19 September 2014
Tumbuh Kembang
Share
Peralihan Gigi Susu Jadi Gigi Tetap

Gigi susu merupakan gigi anak yang tumbuh pertama setelah ia lahir yaitu pada usia 6 bulan ke atas. Ketika anak semakin besar, gigi susu tersebut nantinya akan digantikan dengan gigi tetap. Peralihan dari gigi susu ke gigi tetap antara anak yang satu dengan lainnya berbeda – beda, tergantung dari kondisi anak tersebut.

Pertumbuhan gigi susu sendiri biasanya dimulai dari gigi seri bagian bawah dan disusul dengan gigi seri bagian atas. Kemudian tumbuh gigi seri kedua dan baru akan tumbuh gigi geraham saat anak memasuki usia 8 sampai 9 bulan. Gigi susu yang tumbuh paling akhir biasanya adalah gigi taring. Pertumbuhan gigi taring ini ditandai dengan gejala bayi yang mudah rewel, peningkatan suhu badan, dan gusi bengkak. Saat pertumbuhan gigi susu biasanya gusi anak terasa gatal sehingga selalu ingin menggigit benda yang dipegangnya.

Gigi susu biasanya sudah tumbuh lengkap ketika anak berusia dua tahun. Terkadang, ada bayi yang belum genap enam bulan tetapi giginya sudah tumbuh atau ada pula anak yang usianya sudah satu tahun tetapi giginya belum tumbuh sama sekali. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena ada faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan gigi seperti hormonal, nutrisi, dan faktor keturunan.

Peralihan gigi susu menjadi gigi tetap ditandai dengan tanggalnya gigi susu. Ketika gigi susu tanggal, ini biasanya bersamaan dengan gigi tetap mulai tumbuh. Namun ada pengecualian untuk gigi geraham besar. Pasalnya gigi geraham besar yang pertama akan mulai tumbuh ketika anak berusia 6 sampai 7 tahun. Gigi geraham ini bukan merupakan gigi pengganti yang berarti gigi ini langsung muncul di deretan belakang gigi susu baik di rahang bawah maupun rahang atas. Gigi ini dan gigi geraham besar tumbuh tidak menggantikan gigi susu.

Sementara itu, gigi taring, gigi geraham kecil, dan gigi seri akan tumbuh menggantikan gigi susu. Usia 6 – 11 tahun merupakan saat di mana anak mengalami gigi campur sehingga gigi terlihat tidak beraturan karena sedang dalam masa peralihan yaitu dimana gigi susu mulai tanggal dan gigi susu mulai tumbuh. Pada masa ini, perhatian Moms sangat diperlukan yaitu dengan memeriksa kesehatan gigi anak ke dokter minimal 6 bulan sekali supaya pertumbuhan giginya terkontrol dengan baik.