Penyebab Kaki Membengkak Saat Hamil

Merries Insight
15 Januari 2016
Kesehatan
Share
Penyebab Kaki Membengkak Saat Hamil

Hai, Moms! Bagaimana kehamilannya? Ada permasalahan yang muncul selama kehamilan? Biasanya, bagi Moms yang lagi hamil akan pembengkakan pada kaki itu sangat rentan terjadi. Tapi Moms tentu tidak perlu khawatir. Pada dasarnya, pembengkakan pada kaki akan dimulai pada trimester kedua maupun ketiga. Tidak hanya pada waktu-waktu tersebut, ada beberapa Moms yang mengalami pembengkakan setelah melahirkan, dan saat hamil malah aman-aman saja.

Moms, kaki bengkak tersebut biasa disebut dengan istilah edema yang mana pembengkakan ini bersifat sementara dan dapat hilang dengan sendirinya. Jadi, Moms tidak perlu risau dan takut dengan pembengkakan pada kaki saat hamil. Akan tetapi perlu diwaspadai juga, penyebab kaki membengkak saat hamil juga bisa menyebabkan adanya komplikasi lain, seperti sakit kepala. Jadi, Moms perlu untuk segera pergi ke dokter jika pembengkakan yang terjadi ternyata bertambah parah.

Sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab kaki membengkak saat hamil? Ketika hamil pastinya Moms akan menyadari kalau berat badan akan melonjak secara drastis sehingga seluruh berat badan yang kian melonjak ini akan ditumpu oleh kaki, Moms. Hal ini memang benar, tapi perlu diketahui Moms kalau peningkatan berat badan lebih baik cukup dengan selisih 15 kg saja.

Selain itu, penyebab kaki membengkak saat hamil juga bisa disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah pada ibu hamil atau yang biasa disebut dengan pre-eklamsi. Hal ini dapat terjadi karena tingginya tekanan darah serta menurunnya kadar protein dalam tubuh sehingga bisa memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah yang akan mempengaruhi sistem peredaran darah. Oleh karena itu, berat badan Moms akan naik secara drastis hanya dalam waktu yang cukup singkat. Moms perlu ketahui, pada kasus penyebab kaki membengkak saat hamil ini tidak hanya terjadi pada kaki saja, melainkan pada betis, tangan, bahkan sampai seluruh tubuh.

Tapi tenang saja Moms, dari beberapa penyebab kaki membengkak saat hamil bisa di atasi dengan cara yang sederhana, yaitu dengan memilih posisi tidur sambil mengganjal kaki dengan bantal. Kemudian, mengambil posisi tidur miring ke kiri, karena pembuluh darah balik ada di bagian kanan sehingga sirkulasi darah ke jantung tidak akan terganggu.

Selain itu, hindari berdiri terlalu lama jika kaki Moms sudah terasa pegal dan jangan pakai sepatu yang terlalu kecil, ya Moms. Cobalah melakukan gerakan-gerakan ringan untuk mengurangi bengkak di kaki. Dengan begitu kaki bengkak saat hamil bisa teratasi. Selamat mencoba, Moms!