Pakai Cara Ini untuk Deteksi Buta Warna pada Si Kecil

Merries Insight
25 Agustus 2016
Kesehatan
Share
Pakai Cara Ini untuk Deteksi Buta Warna pada Si Kecil

Moms, banyak sekali kelainan mata yang harus Moms waspadai sejak dini, dan berisiko menimpa sang buah hati. Salah satunya adalah kelainan buta warna, alias kondisi dimana si kecil tidak dapat membedakan warna apa yang dilihatnya.

Walaupun begitu, ketika si kecil sudah diajari tentang warna-warna, sebenarnya terlalu dini untuk memvonis apakah si kecil buta warna atau tidak, apalagi kalau usianya masih berada di kisaran 3 tahunan. Mungkin saja si kecil belum memahami secara penuh apa itu konsep warna.

Menurut penelitian, anak berusia 3-4 tahun, masih mungkin untuk kesulitan membedakan perbedaan antara warna. Walaupun begitu, tidak ada salahnya Moms memperkenalkannya sejak dini, sebagai salah satu cara untuk mendeteksi apakah si kecil kemungkinan mengalami buta warna atau tidak.

Untuk tahap awal, kenalkan si kecil kepada warna-warna dasar, seperti hitam, merah, putih dan biru. Jika si kecil sudah bisa membedakan warna-warna dasar tersebut, baru Moms bisa beranjak untuk memperkenalkan warna-warna campuran, seperti pink, orange, cokelat, ungu dan lainnya.

Ketika si kecil sudah bisa menyebut suatu warna untuk pertama kali, kemungkinan besar semua benda yang Moms tunjukkan akan dia sebut dengan warna tersebut. Tapi tunggu, jangan dulu memvonis si kecil buta warna, seperti dijelaskan diatas, bisa saja si kecil belum memahami konsep dasar warna.

Lantas, apa sih tanda umum si kecil buta warna?

Sulit untuk mendeteksi apakah si kecil buta warna atau tidak sampai usianya mencapai 4-5 tahun. Selain itu, untuk menentukan apakah si kecil buta warna atau tidak adalah, dengan membawa si kecil melakukan pemeriksaan ke dokter mata.

Jangan lupa untuk catatan riwayat kesehatan keluarga, apakah Moms atau anggota keluarga lainnya ada yang mengalami buta warna? Pasalnya, buta warna merupakan salah satu kelainan yang diturunkan dari Ibu kepada anaknya. biasanya, anak perempuan lebih sering berperan sebagai pembawa gen buta warna.

Apakah buta warna bisa diobati?

Hingga saat ini belum ada obat atau terapi yang mengklaim bisa menyembuhkan kelainan ini. Memang sekarang ini ada kaca mata atau lensa kontak khusus yang diberi filter warna. Tapi fungsinya bukan untuk membedakan warna, melainkan untuk meningkatkan kemampuan si kecil melihat kontras warna.