Obat-Obatan Ini Wajib Ada di Kotak P3K saat Mudik dengan Si Kecil!

Merries Insight
02 Juli 2016
Kesehatan
Share
Obat-Obatan Ini Wajib Ada di Kotak P3K saat Mudik dengan Si Kecil!

Mudik bersama Si Kecil tentu menjadi hal yang menyenangkan. Namun, membawa Si Kecil berpergian bukanlah perkara mudah. Ada kalanya Si Kecil rewel karena bosan ataupun tiba-tiba sakit saat di tengah perjalanan. Karena itu, Moms memerlukan persiapan ekstra jika harus membawa Si Kecil saat mudik. Salah satu hal penting yang wajib dipersiapkan adalah obat. Ada beberapa jenis obat yang wajib masuk ke dalam kotak P3K mobil untuk persiapan jika terjadi sesuatu kepada Si Kecil.

Jenis obat pertama yang wajib ada di kotak P3K mobil Moms adalah obat yang sudah diberikan oleh dokter. Jika memang belum ada obat khusus dari dokter, Moms bisa meminta pertimbangan terkait obat yang harus dibawa saat mudik untuk Si Kecil. Walaupun sebelum mudik Si Kecil tampak sehat, tapi bisa jadi di tengah perjalanan mereka terserang diare, flu, pilek, ataupun batuk. Serangan virus secara tiba-tiba ini bisa disebabkan udara yang berganti ataupun polusi udara. Bayangkan jika Moms tidak membawa persiapan obat untuk Si Kecil? Mereka pasti akan sangat tersiksa dengan sakitnya. Ingat! Jangan memberikan sembarang obat kepada Si Kecil karena bisa jadi akan memperparah penyakitnya. Jika Moms akan mudik menggunakan jalur udara, maka jangan lupa untuk meminta resep obat tetes telinga untuk Si Kecil.

Tidak masalah membawa obat lain selain yang diresepkan oleh dokter asalkan Moms mengkonsultasikan terlebih dahulu obat-obatan tersebut. Jika semua aman, maka masukkan obat tersebut pada kotak P3K dan Moms siap membawa Si Kecil mudik. Moms bisa menyiapkan obat mual, pusing, dan obat lain khusus untuk anak. Selain obat, jangan lupa pula memasukkan persediaan susu Si Kecil. Pasalnya, susu juga bisa meredakan situasi saat Si Kecil mulai rewel di tengah perjalanan. Diapers juga perlu dipersiapkan karena Si Kecil umumnya perlu menggantinya sekitar 3 sampai 4 jam sekali. Intinya, Moms harus menjaga agar Si Kecil tetap nyaman selama perjalanan mudik. Jangan berikan makanan sembarangan agar tidak memicu penyakit. Kalaupun tiba-tiba Si Kecil sakit, Moms hanya perlu membuka kotak P3K dalam mobil atau tas dan memberikan pertolongan pertama. Jika Moms merasa kondisi Si Kecil tidak membaik, maka carilah Rumah Sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan untuk Si Kecil. Semoga dengan persiapan yang baik, Moms bisa mengajak Si Kecil mudik dengan aman dan nyaman hingga sampai di tujuan.