Mood Swing Itu Hanya Mitos?

Merries Insight
20 November 2015
Umum
Share
Mood Swing Itu Hanya Mitos?

Mengalami mood wing tentu bukan hal yang baru lagi ya Moms, pasalnya kondisi ini pun sering anda alami ketika sedang menstruasi. Walaupun begitu, konon katanya kadar mood wing ketika hamil dan menstruasi itu berbeda lho! Bahkan ada pula yang menyatakan jika mood wing itu hanya mitos belaka. Benarkah demikian?

Seperti dilansir dalam Health.com, mood swings merupakan sebuah kondisi psikologis di mana seorang wanita akan merasakan perubahan emosi secara tiba-tiba. Umumnya, kondisi ini akan terjadi ketika si wanita sedang hamil, atau sedang dalam masa menstruasi.

Mood wing sendiri disebabkan karena terjadi perubahan hormon yang akan menganggu kadar neurotransmiter serta perasaan campur aduk karena segera akan menjadi seorang ibu. Walaupun tergolong normal, tapi respons setiap orang mengenai hal ini berbeda-beda, ada yang mengalami fluktuasi emosi yang tinggi, emosi buruk, baik dan lainnya.

Dalam beberapa kasus, mood wing juga bisa menyebabkan timbul rasa cemas berlebih, stres hingga depresi lho Moms! Bahkan kalau tidak ditangani dengan baik, dampak dari mood wing ini bisa berimbas kepada kesehatan dan kondisi kehamilan anda.

Kapan mood wing akan datang?

Kebanyakan wanita akan mengalami fase perubahan mood ini pada usia kehamilan 6-10 bulan. Setelah itu, mereka akan menjadi sedikit lebih tenang pada trimester kedua. Tapi jangan tenang dulu Moms, karena setelah ini mood wing akan timbul kembali ketika kehamilan sudah masuk fase akhir, dan bahkan kondisi ini akan berlanjut hingga saat melahirkan nanti.

O iya Moms, mood wing di akhir paes kehamilan ini bisa berdampak beragam lho. Bahkan dalam kasus paling parah, sang ibu akan sangat membenci anaknya, dan menyalahkan si kecil atas sebagai hal yang dianggapnya buruk. Dia akan menganggap anaknya pembawa sial, dan sejumlah ledakan emosi lainnya.

Dalam fase seperti ini, anda sangat membutuhkan dukungan dari pasangan. Demi mengatasi masalah ini, cobalah untuk meminta dukungan kepada pasangan. Bukan berarti anda ingin di manja, tapi hal ini dilakukan agar mood wing tidak mengganggu proses kehamilan anda.