Moms, Lakukan Ini Yuk Agar Tidak Mengalami Stress Pra Persalinan!

Merries Insight
23 Maret 2016
Umum
Share
Moms, Lakukan Ini Yuk Agar Tidak Mengalami Stress Pra Persalinan!

Tidak bisa disangkal bila rasa takut pasti datang menjelang detik-detik persalinan. Ketakutan pun akan semakin menjadi saat mulai terasa beberapa gejala seperti panggul yang tidak nyaman, nyeri perut, pecah ketuban, atau lainnya. Pada tahap ini banyak pula ibu hamil yang mengalami stress. Sebenarnya stress itulah yang memicu ketakutan berlebih menghadapi pra persalinan.

Moms, merasa takut itu wajar. Namun, jangan cemas berlebihan. Karena kecemasan dan ketakutan Moms malah membuat keadaan bertambah kacau. Lantas apa yang mesti dilakukan? Mom, yuk lakukan beberapa hal ini agar tidak mengalami stress dan ketakutan berlebih pra persalinan!

Stress Karena Takut Sakit Saat Persalinan

Menjelang waktu persalinan, memang ada banyak hal menakutkan yang menghantui. Mulai dari jarum suntik, infus, hingga banyaknya jumlah jahitan yang akan diberikan oleh sang dokter. Belum lagi bila Moms terlalu ambil pusing dengan cerita-cerita seputar kontraksi persalinan yang mengeringkan. Stop! Buang semua pikiran negatif tersebut dan mulai beri semangat pada diri sendiri. Percaya diri dan yakin bahwa Moms mampu menghadapi rasa sakit yang muncul saat persalinan. Bila perlu genggam tangan Dads untuk menemani dan memberi semangat saat persalinan.

Takut Meninggal Saat Melahirkan

Melahirkan memang salah satu proses yang tidak mudah bagi Moms. Tidak jarang, kematian menghampir saat persalinan. Bisa dibilang melahirkan itu mempertaruhkan nyawa. Pre eklampsia atau lainnya bisa menjadi faktor penyebabnya. Dalam hal ini, Moms tidak perlu takut dengan kematian. Karena kematian adalah suatu kepastian dan sudah menjadi takdir Tuhan. Berpasrah namun tetap yakin dan positif thinking bahwa Moms mampu menghadapi persalinan. Pelajari teknik pernapasan yang baik dan percayakan proses persalinan kepada tim dokter atau tenaga ahli.

Ketakutan Si kecil Meninggal atau Cacat

Ketakutan akan suatu hal buruk menimpa calon si kecil adalah hal wajar. Karena Moms dan Dads pastinya ingin Si kecil lahir selamat dan sehat. Untuk menghadapi stress pra persalinan, sebenarnya pikiran Moms menjadi kunci utama. Tetap terus positif thinking dan yakin bahwa SI kecil akan lahir dengan sempurna dan selamat. Sekali lagi, Moms tidak perlu memenuhi pikiran dengan hal-hal negatif. Percayakan proses persalinan pada dokter dan sertai dengan doa kepada Tuhan seperlu mengurangi rasa takut menghadapi persalinan.