Minggu – Minggu Waspada Kehamilan

Merries Insight
11 Desember 2014
Kesehatan
Share
Minggu – Minggu Waspada Kehamilan

Kehamilan tentu menjadi hal yang paling membahagiakan bagi para wanita yang sudah menikah. Namun di balik kegembiraan menantikan kehadiran buah hati, kadang muncul beberapa keluhan yang cukup menyebalkan. Berbagai macam keluhan yang muncul biasanya sesuai dengan tahap usia kehamilan. Ketika hal ini terjadi, Moms tidak perlu stress atau bahkan panik. Sebaiknya kenali gejalanya sehingga Moms dapat melakukan langkah yang tepat supaya tidak membahayakan diri Moms sendiri dan bayi di dalam rahim. Berikut ini adalah minggu – minggu waspada kehamilan serta gejala yang dapat timbul.

Minggu Ke-6

Pada minggu tersebut, ibu hamil biasanya akan mengalami gejala mual – mual atau morning sickness. Jika Moms mengalami muntah berat atau hiperemeresis gravidarum, hal ini perlu diwaspadai. Hal ini cukup mengganggu ibu hamil karena cukup melelahkan dan kadang menurunkan berat badan ibu hamil. Pada minggu ini, embrio di dalam rahim sudah mulai berubah bentuk menjadi janin dengan ukuran seperti kacang tanah. Pada tahap ini sistem saraf dan juga tulang belakangnya juga sudah mulai terbentuk.

Minggu Ke-7

Ibu hamil kadang merasakan pusing dan kepala terasa berputar – putar. Jika pusing, jangan langsung minum obat sakit kepala sembarangan. Sebaiknya konsultasikan keluhan ini kepada dokter kandungan terlebih dulu untuk mendapatkan solusi terbaik. Pada usia kehamilan ini, jantung sudah mulai tumbuh dan terbentuk bilik kanan dan bilik kiri. Untuk mendeteksi denyut jantung pada janin, Moms dapat melakukan pemeriksaan USG (Ultrasonografi).

Minggu Ke-8

Baca Juga

Waspada Gigitan Ini Saat Liburan

Waspada Bayi Lahir Prematur akibat Preklampsia

Waspada Rambut Rontok Saat Masa Menyusui

Ibu hamil sulit buang air besar atau sembelit. Ini adalah hal yang wajar. Sebaiknya perbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah, sayuran, dan biji – bijian

Minggu Ke-12

Saat gosok gigi, gusi mungkin akan berdarah. Bila hal ini terjadi berkali – kali, sebaiknya pergilah ke dokter gigi dan katakan kepada dokter bahwa Moms sedang hamil.

Minggu ke-20

Sakit pinggang sering terasa seiring dengan perut yang semakin membesar. Biasakan sikap tubuh yang baik dan lakukan olahraga agar tubuh bugar.

Baca Juga

Waspada Rambut Rontok Saat Masa Menyusui

Waspada Gejala-Gejala Campak Jerman

Perkembangan Bayi Baru Lahir dari Minggu ke Minggu 

Minggu ke-26

Kaki terlihat dipenuhi spider vein. Pada usia ini, lakukan olahraga yang mengaktifkan kaki, konsumsi makanan berserat, dan kontrol berat badan Moms.

Minggu ke-33

Moms akan mulai sering mengalami kram pada kaki saat tengah malam. Untuk mengatasinya, mintalah suami menekuk telapak kaki yang sedang kram ke arah tubuh.

Baca Juga

Waspada Rambut Rontok Saat Masa Menyusui

Waspada Bayi Lahir Prematur akibat Preklampsia

Waspada Gejala-Gejala Campak Jerman