Merawat Bayi Dengan Berat Lahir Rendah

Merries Insight
12 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
Merawat Bayi Dengan Berat Lahir Rendah

Bayi dengan berat lahir rendah atau di bawah rata – rata memerlukan perawatan khusus. Namun moms tidak perlu terlalu khawatir karena dengan perawatan dan pengasuhan yang baik maka bayi dengan berat lahir rendah tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan normal layaknya bayi yang lahir dengan berat normal. Bayi dinyatakan memiliki berat lahir rendah jika lahir dengan berat di bawah 2.500 gram, biasanya bayi terlihat kecil dan kadang memiliki kulit yang keriput serta memiliki bulu – bulu halus di seluruh tubuh. Dengan kondisi tersebut maka bayi membutuhkan perawatan khusus karena lebih lemah dibandingkan dengan bayi dengan berat normal dan rentan mengalami kedinginan karena memiliki lapisan lemak yang tipis.

Salah satu bentuk perawatan khusus yang dibutuhkan bayi dengan berat lahir rendah adalah memantau asupan ASI. Moms harus lebih telaten dalam memberikan ASI karena bayi dengan berat lahir rendah biasanya cepat lelah ketika menyedot ASI sehingga rentan tersedak serta kadang menjadi malas minum, padahal asupan ASI sangat penting guna menaikkan berat badan serta memenuhi kebutuhan nutrisi. Bayi dengan berat lahir rendah juga lebih rentan terhadap penyakit, hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah dibanding bayi dengan berat lahir normal. Gangguan pernafasan juga rentan terjadi, hal ini menyebabkan beberapa bayi membutuhkan alat bantu pernafasan ataupun memerlukan penggunaan inkubator.

Untuk perawatan di rumah, moms harus memperhatikan suhu lingkungan guna mencegah bayi mengalami kedinginan. Gunakan selimut, topi serta botol air hangat untuk menjaga bayi tetap hangat. Memeluk bayi secara bergantian juga dapat memberi kehangatan serta memberikan sentuhan kasih sayang yang lebih kepada bayi.