Mengetahui Usia Kehamilan

Merries Insight
22 November 2014
Umum
Share
Mengetahui Usia Kehamilan

Para ibu hamil sering kali bingung atau kesulitan untuk menghitung usia kehamilan atau usia janin yang dikandungnya secara pasti. Salah satu alasan yang paling umum adalah ibu hamil tidak mengetahui secara pasti waktu terjadinya pembuahan atau mungkin lupa dengan kapan hari pertama haid terakhir. Untuk memudahkan Moms menghitung usia kehamilan, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Moms lakukan.

Hari Pertama Haid Terakhir

Berdasarkan tanggal tersebut, dokter kandungan akan memperkirakan usia kehamulan dan membuat hpl atau perkiraan tanggal kelahiran. HPL tersebut dihitung berdasarkan rumus neagle. Tetapi rumus ini lebih disarankan bagi ibu hamil dengan siklus hadi teratur yakni 28-30 hari. Untuk mengetahui usia kehamilan, yaitu dengan cara menambahkan 7 pada hari pertama haid terakhir. Selanjutnya kurangkan 3 pada bulan itu dan menambah satu pada tahunnya. Jika ada bulan yang tidak dapat dikurangi 3 seperti Januari, Februari, dan Maret, bulan ditambah 9 tetapi tahunnya tetap.

Gerakan Janin

Gerakan janin juga menjadi indikator untuk membantu menentukan usia kehamilan walaupun cara ini kurang begitu akurat. Perkiraan ini biasa dilakukan ketika ibu hamil lupa kapan hari pertama ia haid terakhir. Untuk kehamilan pertama, biasanya gerakan janin akan mulai dirasakan setelah kehamilan berusia 18-20 minggu. Untuk kehamilan kedua atau lebih, gerakan janin sudah mulai dapat dirasakan pada kehamilan usia 16-18 minggu. Memasuki usia kehamilan trimester 3, gerakan janin akan lebih sering dan semakin kuat. Tetapi tidak jarang beberapa janin justru kurang begitu aktif

USG (Ultrasonografi)

USG biasa digunakan untuk lebih memastikan usia kehamilan karena tingkat akurasi alat ini cukup tinggi yakni hingga 95% jika dilakukan saat usia kehamilan belum memasuki usia 16 minggu. Selain dapat digunakan untuk mengetahui usia kehamilan, USG juga dapat menunjukkan gambar 3 dimensi dari janin di dalam rahim. Pada usia kehamilan 4 – 6 minggu, biasanya kehamilan sudah mulai dapat terdeteksi dengan USG.

Demikian beberapa cara mengetahui usia kehamilan. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga menggabungkan beberapa cara adalah pilihan terbaik. Selain itu sebaiknya konsultasikan pula dengan dokter kandungan Moms.