Mengenal Saat yang Tepat untuk Memberikan Pujian

Merries Insight
25 Januari 2016
Kesehatan
Share
Mengenal Saat yang Tepat untuk Memberikan Pujian

Hadiah dan juga pujian merupakan sebuah reward atau suatu penghargaan atas segala perilaku yang baik karena sudah dilakukan oleh si kecil. Hal ini sangatlah diperlukan Dads karena ada hubungannya dengan salah satu penerapan disiplin kepada si kecil.

“Jika memang menginginkan si kecil dapat berperilaku disiplin maka suatu reward atau suatu penghargaan kepada perilaku si kecil sangatlah diperlukan,” kata Betty Dk salah satu psikolog yang ada di fakultas psikologi UI.

Reward atau suatu penghargaan ini mempunyai 3 fungsi yang sangat penting di dalam mengajari suatu perilaku yang memang sudah disetujui oleh masyarakat secara sosial. Apa saja fungsinya Dads? Mari sekarang kita simak fungsi reward untuk si kecil:

Nilai pendidikan

Yang pertama adalah mempunyai nilai pendidikan, contohnya saja si kecil mau membersihkan sampah yang ada di sekitarnya. Nah, pada saat itulah orang tua patut memberikan sebuah reward atau suatu penghargaan kepada si kecil misalnya saja dengan pujian, “Wah, adik sangat hebat ya!” Dengan begitu maka si kecil akan mendapat sebuah pembelajaran bahwa ia akan mengerti dan belajar bahwa dengan membuang sampah di tempatnya itu baik dan juga bisa diterima di lingkungannya.

Reward

Yang kedua adalah dengan pemberian sebuah reward atau suatu penghargaan harus bisa dijadikan sebuah motivasi untuk si kecil agar nantinya perbuatan baiknya itu dapat diulanginya. “Jadi ada yang beranggapan dengan memberikan reward maka dapat melemahkan motivasi si kecil. Justru dengan adanya reward itulah si kecil justru menjadi lebih termotivasi lagi untuk mengulangi perilakunya yang memang baik dan bisa diterima oleh masyarakat,” lanjutnya.

Memperkuat perilaku

Dan yang terakhir adalah fungsi yang ketiga yaitu memperkuat perilakunya yang sudah disetujui lingkungannya secara sosial. Tanpa adanya suatu reward atau suatu penghargaan maka akan menyebabkan melemahnya keinginan untuk bisa mengulanginya lagi. Dengan bagitu, si kecil bisa mengasosiasikan reward dengan sebuah perilaku yang sudah disetujui di lingkungan masyarakat bahwasannya jika dia melakukan hal tersebut maka akan bisa diterima di lingkungan masyarakat dan juga dapat memperoleh hadiah.

Namun, yang perlu diperhatikan dalam memberikan reward atau suatu penghargaan kepada si kecil adalah harus proporsional. Tidak semua aktivitas dan perilaku yang dilakukan oleh si kecil mendapatkan sebuah reward apalagi jika itu dalam bentuk barang. Jika si kecil mengenal baik dan buruk, salah dan benar maka alangkah baiknya dikurangi dalam pemberian rewardnya.

Jika memberikan reward atau suatu penghargaan tersebut kepada si kecil dengan secara terus menerus maka suatu hadiah itu tidak akan nampak artinya dan dapat berdampak buruk karena si kecil tidak menghargai hadiah itu. Alasannya adalah karena si kecil dapat dengan mudah mendapatkan hadiah tanpa ada penyebabnya.

Pastinya juga Dads, si kecil juga harus diberikan penjelasan yang jelas mengapa dia mendapatkan hadiah itu. Dan pastinya dalam memberikan pujian kepada si kecil haruslah bijaksana bukan di saat Dads dalam keadaan hati yang bahagia dan senang. Oh ya Dads, jangan terlalu sering memuji si kecil karena bisa jadi nanti hasilnya menjadi tidak efektif.